Hindari Covid-19, Ini 6 Langkah Cuci Tangan Anjuran Kemenkes

Hindari Covid-19, Ini 6 Langkah Cuci Tangan Anjuran Kemenkes

Jakarta– Sebagai kebiasaan sehat guna menghindari risiko penularan covid-19, mencuci tangan perlu memenuhi cara yang benar agar kita yakin bahwa seluruh permukaan tangan sudah terbasuh dan benar-benar bersih dan terhindar oleh kuman dan virus.

Direktur Mitigasi Bencana BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Johny Sumbung, S.K.M., M.Kes. dalam diskusi Satgas Covid-19 mengatakan, dengan menjalankan perilaku cuci tangan secara teratur sudah berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat serta mencegah resiko terkena penyakit dan melindungi diri dari ancaman penyakit.

“Vaksin covid 19 belum tersedia namun banyak gejala penyakit yang dapat diobati dengan perawatan cuci tangan rutin ini untuk mengurangi bahaya penyakit tersebut,” katanya melalui video conference di Jakarta, Kamis 15 Oktober 2020.

Upaya ini memang terdengar sepele, namun sangat efektif menghindarkan keluarga dari infeksi kuman penyebab penyakit. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan anjuran 6  langkah cuci tangan yang baik dan benar. Hal ini tentunya perlu diajarkan pada keluarga maupun anak-anak sejak dini.

1. Membilas Telapak Tangan dengan Air dan Sabun Secara Merata

Bagian telapak tangan bisa jadi mengandung banyak kuman dan bakteri. Saat Anda berkeringat, keringat bisa berkumpul di telapak tangan. Jika dibiarkan, bakteri atau kuman yang menempel bisa terus berkembang biak. Telapak tangan juga adalah bagian utama yang bersentuhan dengan benda dan sumber kotoran.

2. Gosok Punggung Tangan dengan Telapak Tangan dan Sebaliknya

Pada punggung tangan juga berpotensi menyimpan kuman dan kotoran. Oleh karena itu, membersihkan punggung tangan juga tak boleh dilewatkan saat Anda sedang mencuci tangan. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggosok punggung tangan kiri dengan telapak tangan kanan. Sebaliknya, punggung tangan kanan dibersihkan dengan cara digosok menggunakan telapak tangan kiri. 

3. Gosok Telapak & Telapak, Dengan Jari Saling Terkait

Langkah penggosokan ini dilakukan untuk membersihkan kotoran atau bakteri bahkan virus covid-19 yang ada di sela-sela jari. Rapatkan kedua telapak tangan, lalu saling kaitkan jari layaknya orang tengah berdoa. Selanjutnya, saling gosok sela-sela jari tersebut. 

4. Putar Punggung Jari di Atas Telapak

Setelah itu hal ini juga agar memastikan bagian punggung jari juga ikut dibersihkan dan dapat terkena busa sabun secara maksimal. Pada langkah ini, Anda hanya perlu meletakkan punggung jari tangan kanan di atas telapak tangan kiri dengan posisi saling mengunci. Selanjutnya, putar-putarkan punggung jari tersebut di atas telapak tangan. Lakukan hal yang sama untuk tangan sebaliknya.  

5. Jempol Kanan Digosok Memutar oleh Telapak Kiri & Sebaliknya

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kuman dan kotoran yang ada di sekeliling jempol ikut terbilas. Sela-sela jempol adalah bagian yang paling sering bersentuhan dengan benda asing, sehingga tak boleh luput untuk ikut dibersihkan. Cara melakukan langkah ini adalah dengan menggenggam jempol kiri menggunakan telapak tangan kanan. Gosok memutar selama beberapa kali, lalu lakukan untuk tangan sebaliknya. Yakni giliran jempol kanan yang digosok memutar menggunakan telapak tangan kiri. 

6. Kuncupkan Jari dan Putar di Atas Telapak Tangan

Pada tangan, kuku jari juga menjadi salah satu bagian yang rawan menjadi sarang kuman. Untuk itu, Anda perlu membersihkannya saat sedang mencuci tangan. Caranya, kuncupkan jari tangan kanan di atas telapak tangan kiri, lalu putar selama beberapa kali. Lakukan hal yang sama untuk tangan sebaliknya. Langkah cuci tangan yang bermanfaat membersihkan daerah kuku ini tentu akan semakin efektif jika kuku berada dalam kondisi pendek dan rajin dipotong. 

Setelah semua langkah cuci tangan tersebut sudah rampung dilakukan dan seluruh bagian tangan sudah digosok bersih, saatnya membilas kembali sisa sabun dengan air mengalir.

Related Posts

News Update

Top News