Hati-hati, Berikut Kesalahan Umum Saat Memilih Asuransi

Hati-hati, Berikut Kesalahan Umum Saat Memilih Asuransi

Jakarta – Memilih asuransi terbaik bagi individu atau keluarga bukanlah hal mudah. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sebuah produk asuransi. Jika tak hati-hati, anda mungkin saja memilih asuransi yang tak sesuai kebutuhan. Lalu, apa saja kesalahan-kesalahan yang kerap terjadi ketika memilih asuransi? Berikut ulasannya.

1. Iba pada agen asuransi

Tidak jarang, para calon nasabah memilih produk asuransi atas dasar iba pada agen asuransi yang sedang menawarkan produknya. Pastikan anda tak melakukan hal ini ketika memilih produk asuransi. Anda perlu memastikan produk yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Jika tak hati-hati, bisa jadi anda tak menerima pelayanan dan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Tidak paham manfaat asuransi yang dipilih

Umumnya, kesalahan ini terjadi karena calon nasabah tidak membaca dengan detil polis yang ditawarkan. Pastikan anda mengerti manfaat dan layanan yang diberikan asuransi anda sesuai dengan perjanjian awal polis. 

Setidaknya, anda harus bertanya memahami dengan detil pada agen asuransi mengenai manfaat yang diberikan, kondisi yang dipersyaratkan, dan pengecualian jaminannya. Dengan begitu, anda dapat menyesuaikan asuransi dengan kebutuhan.

3. Tidak melakukan konsultasi dengan agen asuransi

Lalu, tidak berkonsultasi ke agen juga menjadi salah satu kesalahan yang umum dilakukan. Tanpa konsultasi, agen anda akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan asuransi anda. Sehingga, manfaat produk yang diberikan bisa jadi tak sesuai. Oleh karena itu, komunikasikan kebutuhan anda pada agen asuransi yang menawarkan produknya.

4. Tidak memahami perbedaan asuransi dan investasi

Saat ini memang tersedia produk asuransi asuransi jiwa dapat menjadi bentuk investasi. Meskipun begitu, calon nasabah seringkali melupakan fungsi dan uang pertanggungan asuransi jiwa tersebut. Umumnya, calon nasabah lebih fokus terhadap nilai investasi yang bisa saja turun dan memiliki risiko yang cukup tinggi.

Misalnya, premi asuransi jiwa bertolak pada hasil investasi tersebut, bisa saja uang pertanggungan tidak maksimal karena nilai investasi yang terus menurun. Oleh karena itu, pastikan anda membedakan antara asuransi jiwa dan investasi sehingga anda dapat menikmati manfaat dan fungsi asuransi jiwa yang sebenarnya.

5. Tugu Insurance Dapat Menjadi Pilihan Terpercaya

Saat ini terdapat banyak sekali perusahaan dan produk asuransi, namun anda tak perlu bingung. Anda dapat memilih Tugu Insurance sebagai penyedia produk asuransi terpercaya. Tugu Insurance hadir dengan berbagai produk asuransi yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Selain itu, kinerja perusahaan asuransi satu ini juga selalu baik di setiap tahunnya.

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) berhasil meraih penghargaan “Golden Trophy” pada Infobank 21th Insurance Awards 2020 pada Agustus lalu. Penghargaan ini diangerahkan karena Tugu Insurance berhasil meraih predikat kinerja “Sangat Bagus” selama 5 tahun berturut-turut. Oleh karena itu, kinerja Tugu Insurance sudah pasti menjamin kualitas produk asuransinya.

Dari sisi produk, Tugu Insurance juga memiliki berbagai varian produk asuransi. Salah satunya adalah asuransi kesehatan Tugu Insurance Health Insurance (THIS). THIS adalah program asuransi kesehatan yang ditujukan kepada karyawan dan individu. Setelah membayar premi 1 tahun, anda akan mendapatkan manfaat maksimal program THIS, seperti:

  1. Kebebasan menggunakan penyedia jasa pelayanan 
  2. Tidak ada batasan teritorial dan waktu
  3. Pelayanan kesehatan independen
  4. Kemudahan penambahan provider Rumah Sakit
  5. Sistem pembayaran klaim

Tak hanya kesehatan, produk-produk asuransi lainnya antara lain, asuransi harta benda atau property, asuransi kendaraan bermotor, asuransi pengangkutan (marine cargo), asuransi rangka kapal (marine hull), asuransi rangka pesawat (aviation), dan asuransi satelit.

Selain itu, Tugu Insurance juga melayani produk asuransi energi onshore maupun offshore, asuransi rekayasa (engineering), asuransi tanggung gugat  (liability), asuransi kecelakaan diri dan kesehatan, asuransi kredit, penjaminan (suretyship), dan asuransi aneka risiko yang tidak dijamin pada produk asuransi lainnya serta asuransi personal & financial lines.

Tak perlu menunggu lama lagi, segera miliki produk-produk Tugu Insurance. Bersama Tugu Insurance, anda akan selalu bersiap dengan payung sebelum hujan tiba. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

News Update

Top News