Harapan Jokowi Tingkatkan Pendapatan Perkapita Rp320 juta Pertahun

Harapan Jokowi Tingkatkan Pendapatan Perkapita Rp320 juta Pertahun

Jakarta – Presiden Jokowi mengungkapkan mimpi Indonesia emas dalam satu abad kemerdekaan pada tahun 2045 yang akan keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah dan Indonesia telah menjadi negara maju. Hal ini disampaikannya pada saat pidato kenegaraan pertama setelah dilantik menjadi Presiden 2019-2024.

“Dengan pendapatan menurut hitung-hitungan Rp320 juta per kapita per tahun atau Rp27 juta perkapita per bulan. Itulah target kita. Target kita bersama,” kata Jokowi di Kompleks DPR RI, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2019.

Selain itu, dirinya juga berharap seluruh pihak dapat ikut berkerjasama untuk menyonsong tahun 2045 dengan Produk Domestik Bruto Indonesia mencapai US$7 triliun. Dan Indonesia akan masuk 5 besar ekonomi dunia dengan kemiskinan mendekati nol persen.

Jokowi juga berharap, dalam menghadapi ketidakpastian dunia yang penuh risiko, dan sangat dinamis, Indonesia harus terus mengembangkan cara-cara baru, nilai-nilai baru. Dan jangan sampai terjebak dalam rutinitas yang monoton.

Sebagai informasi, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 265 juta jiwa,angka Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita Indonesia masih sebesar US$3.927 atau sekitar Rp56 juta per kapita per tahun. Namun angka tersebut mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2017 yang sebesar Rp51,9 juta. (*)

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.