Ekonomi Melambat, CIMB Niaga Pasang Target Kredit Tumbuh 7%

Ekonomi Melambat, CIMB Niaga Pasang Target Kredit Tumbuh 7%

Jakarta – tengah perlambatan ekonomi global, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengaku tidak terlalu memasang target begitu tinggi dalam pertumbuhan penyaluran kredit miliknya hingga akhir tahun 2019.

Direktur Strategy and Finance CIMB Niaga Lee Kai Kwong mengatakan, pihaknya pada tahun ini memasang target kisaran 7% dalam penyaluran kredit miliknya.

“Untuk pertumbuhan sendiri 6 hingga 7 persen mungkin dapat kita capai hingga akhir tahun ini,” kata Lee di Jakarta, Senin 18 November 2019.

Pihaknya mengaku terus mencermati berbagai ketidakpastian ekomi global yang akan membuat perlambatan ekonomi hingga tahun 2020 mendatang. Salah satu yang terus dicermati ialah masih berlangsungnya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

Sebagai informasi, hingga kuartal III-2019 kredit yang disalurkan CIMB Niaga juga masih tumbuh 4,9% (yoy) menjadi Rp191,7 triliun, terutama dikontribusi oleh pertumbuhan pada kredit Korporasi, Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan Kartu Kredit, masing-masing sebesar 8,3%, 12,6%, dan 11,3% (yoy). Sementara, Kredit Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tumbuh sebesar 4,1% (yoy).

Sebelumnya, Lembaga Moneter Internasional yakni IMF (International Monetary Fund) pun kembali memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia di 2019, menjadi 3%, dari proyeksi sebelumnya yang mencapai 3,2%. Perang dagang yang terjadi menimbulkan ketidakpastian dan menimbulkan tekanan pada perekonomian. Walau begitu, IMF sendiri memproyeksikan angka pertumbuhan ekonomi RI di 2019 ini, masih sama dengan proyeksi di Juli 2019 lalu, tetap di level 5%. (*)

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.