Dukung Industri Berbasis Teknologi, BCA Gelar Finhacks 2018

Dukung Industri Berbasis Teknologi, BCA Gelar Finhacks 2018

Jakarta – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) untuk kembali menggelar Finhacks 2018 yang rangkaian acaranya dimulai pada 8 Agustus hingga 14 November 2018. Armand Wahyudi Hartono selaku Wakil Presiden Direktur BCA menilai, Data science atau ilmu data saat ini menjadi bidang yang cukup banyak diperbincangkan dan menjadi perhatian utama dalam industri berbasis teknologi mulai dari bidang perbankan,telekomunikasi, marketplace, hingga media massa.

Pada tahun ini untuk pertama kalinya BCA akan menyelenggarakan Finhacks dengan konsep “Data Challenge” dengan di dukung oleh DailySocial.id, Algoritma dan Kaskus dalam penyelenggaraannya. Dalam gelaran ini, para data scientist ditantang untuk menghasilkan model terbaik sehingga dapat memahami lebih jauh mengenai perilaku data yang diamati (descriptive) dan memperkirakan kondisi yang akan terjadi di masa mendatang (predictive) berdasarkan koleksi data yang terkait dengan industri finansial.

“Harapannya lewat ajang ini akan semakin menggiatkan secara positif iklim dunia data science di Indonesia. Selain itu semakin menggerakan komunitas data science untuk semakin berperan dalam melahirkan beragam terobosan di analisa big data,” kata Armand Wahyudi Hartono selaku Wakil Presiden Direktur BCA melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat 10 Agustus 2018.

Baca juga: BCA Raih Penghargaan Dalam Euromoney Awards for Excellence 2018

Dalam rangkaian Finhacks #DataChallenge 2018  peserta dituntut untuk dapat mengembangkan model matematika (mathematical methods) yang mampu memberikan solusi untuk tiga kategori permasalahan utama yaitu Credit Scoring, Fraud Detection, dan ATM Cash Optimization, di mana masing-masing kategori akan dipilih lima tim terbaik dengan total hadiah senilai Rp480 juta.

Mulai Rabu (08/08), masyarakat pecinta dunia digital yang ingin bereksplorasi dan tertarik mengikuti kompetisi ini dapat mulai mendaftar menjadi peserta. Pendaftaran dibuka dari 8 Agustus 2018 hingga 8 Oktober 2018 melalui website https://finhacks.id/ yang sekaligus dilakukan online pre assessment test.

Peserta yang telah mendaftar dan lulus online pre assessment test dapat mengikuti babak online data challenge. Dari tiga kategori yang dilombakan, akan dicari masing-masing 5 tim terbaik (total ada 15  finalis) untuk bersaing di babak final atau Demo Day yang diselenggarakan pada 14 November 2018. Nantinya di momen tersebutmasing-masing tim akan mempresentasikan hasil karyanya dalam waktu 15 menit di hadapan juri.

Tak hanya itu, BCA juga memfasilitasi para pecinta dunia digital baik pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum yang memiliki minat di dunia pengembangan teknologi informasi terutama di pengolahan data melalui gelaran roadshow ke tiga kota seperti Jakarta (01/09), Yogyakarta (08/09), dan Bandung (15/09).

Di setiap roadshow juga diadakan Workshop mengenai Data Science yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, wawasan, dan kemampuan para peserta di bidang pengolahan data, serta memberikan bekal untuk mengikuti Finhacks 2018 #DataChallenge.(*)

Related Posts

News Update

Top News