DJKN Catat Piutang Negara Capai Rp75,3 Triliun

DJKN Catat Piutang Negara Capai Rp75,3 Triliun

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) mencatat, tata kelola piutang negara kini memiliki 59.514 Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN) dengan outstanding sejumlah Rp75,3 triliun.

Direktur Piutang Negara dan Kekayaan Negara Lain-Lain DJKN Lukman Effendi menjelaskan, sebagai pemilik piutang, K/L dinilai lebih mengenali seluk-beluk histori piutang yang ada sehingga dapat lebih efektif mengejar penyelesaian piutang oleh debitur.

“Ini sumbernya bisa dari K/L hingga Pemerintah Daerah, jumlahnya sekitar Rp75,3 triliun yang kita urus saat ini dari berkasnya 59 ribu berkas kasus piutang negara,” jelas Lukman dalam video conference di Jakarta, Jumat 4 Desember 2020.

Lukman menambahkan, beberapa terobosan juga dapat diupayakan oleh K/L terkait penagihan piutang negara, antara lain  restrukturisasi, kerjasama penagihan, parate eksekusi, crash program, gugatan ke Pengadilan Negeri,  dan penghentian layanan.

Lebih lanjut jelas dia, seluruh upaya ini akan didampingi oleh Kementerian Keuangan dan DJKN  dengan dukungan pembinaan, pengawasan, dan pengendalian kepada K/L, serta rekonsiliasi data  secara rutin.

Dirinya juga mengatakan, dalam pelaskananya terdapat beberapa tantangan salahsatunya ialah adanya debitur yang macet.  “Pasti ada tingkat utang negara itu angka terakhir dari K/L atau Pemda yang masuk ke kita sudah macet dan tidak bisa ditagih lalu diserahkan kita,” tukas Lukman. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News