Dengan Rp48.000/hari Pengemudi GrabBike Bisa Miliki Rumah KPR

Dengan Rp48.000/hari Pengemudi GrabBike Bisa Miliki Rumah KPR

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) dan Grab Indonesia bekerjasama menyediakan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) bagi para mitra pengemudi GrabBike. Dengan angsuran sebesar Rp48.000 per hari, pengemudi GrabBike sudah bisa memiliki rumah. Dalam program ini, BTN memberikan fasilitas pembiayaan dengan bunga KPR 5 persen (fixed) selama 20 tahun.

Selain bunga KPR yang rendah, BTN juga memberikan bantuan uang muka senilai Rp 4 juta yang dapat memperingan cicilan harian para pengemudi GrabBike. Kerja sama ini merupakan salah satu sinergi Bank BTN sebagai agent of development untuk mendukung pemerintah mempercepat pencapaian program sejuta rumah bagi pekerja sektor informal yang memiliki pendapatan tidak tetap.

Adapun dalam kerjasama ini Bank BTN akan berperan sebagai penyalur KPR subsidi bagi para mitra pengemudi GrabBike yang direkomendasikan oleh pihak Grab. Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan, perseroan membidik para pekerja informal seperti mitra pengemudi Grab karena mayoritas dari mereka termasuk dalam kategori unbankable, sehingga sulit mengakses pembiayaan KPR.

“Bank BTN terus berekspansi menjangkau pembiayaan perumahan bagi sektor informal agar masyarakat bisa memiliki rumah salah satunya dengan menggandeng mitra GrabBike, sebagai masyarakat berpenghasilan tidak tetap,” ujarnya di Jakarta, Selasa, 15 Mei 2018.

Baca juga: BTN Incar KPR Non Subsidi Naik 24%

Di tempat yang sama Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menjelaskan, bagi para mitra pengemudi GrabBike yang ingin mendapatkan fasilitas pembiayaan KPR Subsidi ini, mitra GrabBike harus sudah bekerja sebagai pengemudi Grab minimal setahun, dan tercatat aktif bekerja selama lebih dari 20 hari setiap bulannya selama 3 bulan berturut-turut, memiliki penghasilan Rp4 juta per bulan, memiliki rekam jejak yang baik dan berusia antara 21-40 tahun.

Kemudian, pihak BTN akan melakukan proses seleksi kembali, terutama terkait kondisi dan kemampuan finansial seperti penghasilan dan riwayat kredit mitra GrabBike untuk melangkah ke proses akad kredit setelah dana uang muka terkumpul. Saat ini sebanyak 600 mitra GrabBike telah lulus proses seleksi dari Grab, dan membuka rekening BTN Batara Payroll serta mulai menyisihkan dana harian dari deposit di Grab sebesar Rp48.000 untuk uang muka pembelian rumah hingga dana mencukupi.

“Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat membantu ribuan mitra pengemudi yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mewujudkan impian memiliki rumah, sebagai bagian dari pemenuhan kebutuhan pokok mereka dan meningkatkan kesejahteraan mitra pengemudi,” ucapnya.

Pihak Grab percaya bahwa mitra pengemudi merupakan hal terpenting dalam mendukung pertumbuhan operasional perusahaan yang pesat. Melalui pemberian fasilitas cicilan rumah ini, akan menjangkau dan menolong mitra pengemudi Grab untuk mendapatkan rumah dan meningkatkan kesejahteraan. Menurutnya, Grab ingin memberikan dampak positif secara berkelanjutan, seiring membentuk kemitraan yang lebih bermakna. (*)

Related Posts

News Update

Top News