Dana Simpanan Masyarakat di Bank Masih Aman meski Ekonomi Melambat

Dana Simpanan Masyarakat di Bank Masih Aman meski Ekonomi Melambat

Jakarta -Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memastikan dana atau simpanan masyarakat di perbankan tetap aman meski ekonomi nasional tengah melambat akibat Covid-19. Terlebih, ekonomi RI pada kuartal I-2020 hanya tumbuh 2,97%. Pertumbuhan itu turun dibandingkan dibanding kuartal I 2019 sebesar 5,07%.

Demikian pernyataan tersebut seperti disampaikan Direktur Grup Riset LPS Iman Gunadi dalam paparannya di Jakarta, seperti dikutip Rabu, 24 Juni 2020. Menurutnya, hingga akhir Mei 2020, jumlah rekening yang dijamin LPS adalah sebesar 99,91% dari total rekening atau setara dengan 312.849.044 rekening.

“Sementara secara nominal jumlah simpanan yang dijamin mencapai 53,08% dari total simpanan atau setara dengan Rp 3.320,06 triliun,” Iman di Jakarta, Selasa 23 Juni 2020.

Dirinya berharap ekonomi global maupun domestik dapat segera pulih. Optimisme juga dipicu langkah pemerintah, setelah aktif memberikan berbagai stimulus untuk menjaga kelangsungan usaha dan daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19. “Misalnya, sentimen positif di sektor kesehatan, sosial, ekonomi dan pemulihan ekonomi pasca pandemi,” ucapnya.

Apalagi, tambah dia, dalam waktu dekat pemerintah juga berencana memberlakukan skema new normal sebagai bagian dari upaya perbaikan ekonomi nasional. Sehingga dipastikan aktivitas ekonomi nasional akan berangsur pulih dari kondisi saat ini.

Selain itu, menurutnya dari sisi permodalan perbankan secara industri juga masih sehat dan kuat. hal tersebut tercermin dari kondisi Capital Adequacy Ratio (CAR) adalah rasio kecukupan modal perbankan hingga April 2020 mencapai 22,03%. (*)

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.