Catat! Satu Pasien Covid-19 Habiskan Biaya Hingga Rp184 juta

Catat! Satu Pasien Covid-19 Habiskan Biaya Hingga Rp184 juta

Jakarta – Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Hasbullah Thabrany mengungkapkan, berdasarkan kajian HFA bersama dengan Kementerian Kesehatan, rata-rata biaya klaim perawatan Covid-19 pada satu pasien bisa mencapai Rp184 juta.

“Dari kajian yang saya survei di 9 provinsi (biaya klaim) yang tertinggi Rp446 juta dan rata-rata habisnya Rp184 juta itu rata-rata perawatannya 16 hari saja, sudah habis begitu,” ujar Hasbullah dalam diskusi virtual bertema ‘Perhitungan Rugi-Rugi Kena Penyakit’, Senin 16 November 2020.

Dirinya menambahkan, rata rata rawat inap satu pasien covid berkisar antara 1 hari hingga 194 hari. Sementara biaya terendah dari klaim covid-19 ialah senilai Rp2,4 juta angka tersebut belum termasuk kerugian lainnya.

Dirinya mengimbau masyarakat untuk tidak menyepelekan penyakit Covid-19, selain memakan biaya tinggi, kerugian lain seperti tekanan batin, stres hingga hilangnya waktu bersama keluarga dan pekerjaan juga menjadi beban seorang pasien Covid-19.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, mencuci tagan dengan sabun serta memakai masker guna memutus penyebaran Covid-19. (*)

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.