Cara Menerapkan Protokol Kesehatan di Area Wisata Outdoor

Cara Menerapkan Protokol Kesehatan di Area Wisata Outdoor

Jakarta — Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mendatangkan beberapa narasumber untuk berbagi pengalaman dalam talkshow bertema “Protokol Kesehatan di Hotel dan Tempat Wisata” yang ditayangkan langsung pada Selasa (20/10/2020). 

Salah satu yang dikemukakan dalam talkshow tersebut dan sangat menarik untuk disimak adalah penerapan protokol kesehatan di lingkungan atau area wisata outdoor. Presiden Direktur PT Arthaguna Ciptasarana, Safitri Siswono yang hadir sebagai narasumber pun tidak sungkan membagi pengalamannya. Di bawah naungannya ada beberapa tempat wisata di antaranya seperti Kampung Main Cipulir, Lembah Cisadane, Kampung Main Puncak juga Kopi Kayangan. 

Sebagai CEO yang membawahi delapan tempat wisata outdoor dan juga empat hotel membuat Safitri sangat mahfum dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, dan bagaimana imbas serta dampaknya bagi bisnis. Namun demikian, masalah cuan bukan menjadi hal paling utama kala berhadap-hadapan dengan momok bernama wabah. Kesehatan, baik karyawan maupun pengunjung menjadi yang paling utama. 

“Kami semua berusaha menerapkan semua protokol kesehatan dari gugus tugas di wilayah kami,” ujar Safitri. 

Selain setia dan disiplin mengacu pada 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak hindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, Fitri sebagaimana ia akrab dipanggil menjabarkan beberapa protol kesehatan di delapan area wisata yang menjadi tanggung jawabnya. 

Outdoor mendisinfektan seluruh tempat, tempat makan, kamar mandi, kolam renang menerapkan standar dari gugus tugas covid dan BNPB,” tuturnya. 

Ketika masuk, lanjutnya, manajemen juga mewajibkan seluruh pengunjung untuk memakai masker dan dicek suhu tubuhnya. Hal serupa juga dilakukan kepada seluruh karyawan, dilakukan pengecekan suhu tubuh dan menggunakan masker agar pengunjung juga merasa aman. “di dalam kami cek juga para pengunjung untuk tidak berkerumun,” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.