Bunga Acuan Sudah Turun 3 kali, Bunga Deposito baru Turun 10 bps

Bunga Acuan Sudah Turun 3 kali, Bunga Deposito baru Turun 10 bps

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengklaim, suku bunga deposito perbankan nasional berangsur menurun seiring dengan pemangkasan bunga acuan BI 7days reverse repo rate yang turun sebanyak tiga kali  masing-masing 25 basis poin (bps) atau setara 75 bps hingga menjadi 5,25% pada periode September ini.

“Rerata tertimbang suku bunga deposito juga menurun 10 bps dibandingkan dengan level Juli 2019 sehingga tercatat 6,70% pada Agustus 2019,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Kompleks Perkantoran BI Jakarta, Kamis 19 September 2019.

Perry menambahkan, untuk suku bunga kredit juga terlihat mulai menurun terutama pada kredit investasi dan kredit modal kerja.

Sementara itu, BI memandang likuiditas perbankan tetap baik, antara lain terlihat pada rasio Alat Likuid terhadap Dana Pihak Ketiga (AL/DPK) sebesar 19,7% pada Juli 2019, meningkat dari 19,1% pada Juni 2019.

Kondisi ini berkontribusi positif pada suku bunga PUAB O/N sebagai sasaran operasional kebijakan moneter yang bergerak di kisaran level suku bunga kebijakan sebesar 5,50% pada Agustus 2019. 

Tak hanya itu, pertumbuhan uang beredar dalam arti sempit (M1) dan uang beredar dalam arti luas (M2) pada Juli 2019 tercatat masing-masing tercatat 7,4% dan 7,8% sejalan dengan pola pertumbuhan ekonomi.

Ke depan, Bank Indonesia akan terus memastikan kecukupan likuiditas dan meningkatkan efisiensi pasar uang, serta memperkuat transmisi kebijakan moneter yang akomodatif. (*)

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.