BRI Siap Terbitkan Surat Utang Hingga Rp11,5 Triliun

BRI Siap Terbitkan Surat Utang Hingga Rp11,5 Triliun

Jakarta–PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) bakal menerbitkan surat utang senilai total Rp11,5 triliun pada paruh pertama tahun ini. Penerbitan surat utang ini dilakukan BRI untuk meningkatkan permodalannya di 2017.

Direktur Bank Rakyat Indonesia, Mohammad Irfan mengatakan, perseroan akan menerbitkan obligasi berkelanjutan senilai Rp7 triliun hingga Rp8 triliun. Surat utang ini merupakan kelanjutan dari penawaran umum berkelanjutan (PUB) II senilai total Rp20 triliun. Pada tahap I perseroan sudah menghabiskan dana obligasi berkelanjutan II senilai Rp4,59 triliun di 2016 lalu. “Jangka waktunya 3 sampai 5 tahun,” katanya di Jakarta, Selasa, 31 Januari 2017.

(Baca juga: Aset BRI Tembus Rp1.000 Triliun)

Lebih lanjut dirinya mengatakan di samping obligasi berkelanjutan, perseroan juga akan menerbitkan surat utang berjangka waktu menengah atau medium term notes (MTN) senilai Rp3,5 triliun di tengah tahun ini. Jangka waktunya sendiri sekitar 1 hingga 3 tahun.

BRI tampaknya menjadi salah satu bank yang getol mencari pendanaan lewat surat utang. Mengacu pada data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), hingga kuartal ketiga tahun lalu saja, ada sekitar 13 bank yang telah menerbitkan surat berharga dalam bentuk obligasi, sukuk, maupun MTN.

Dari 13 bank tersebut, BRI tercatat paling aktif mencari pendanaan lewat surat utang dengan total penerbitan sebesar Rp10,92 triliun yang dilakukan dalam dua kali penerbitan obligasi dan satu kali penerbitan MTN. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.