BNI Perkenalkan Rumah BUMN untuk Milenial di UMKM Muda Virtual Week

BNI Perkenalkan Rumah BUMN untuk Milenial di UMKM Muda Virtual Week

Jakarta — Kementerian BUMN sejak 17 Agustus 2020 melakukan re-branding program Rumah Kreatif BUMN menjadi Rumah BUMN demi memaksimalkan peran BUMN untuk Indonesia. 

Uniknya, selain berfungsi untuk mengembangkan UMKM, Rumah BUMN memiliki 5 fungsi baru sebagai pengembangan UMKM, yakni sebagai Satuan Tugas Tanggap Bencana, Penyaluran Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), pengelolaan co-working space, kedai kopi, serta sebagai pusat kegiatan milenial BUMN. 

Dalam rangka memperkenalkan Rumah BUMN BNI kepada generasi milenial, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bekerja sama dengan Ayo Naik Kelas mengadakan program UMKM MUDA Virtual Week selama satu minggu dari tanggal 15 sampai 21 September 2020. 

UMKM MUDA Virtual Week adalah sebuah rangkaian kegiatan virtual yang bertujuan untuk menyebarkan semangat entrepreneurship, khususnya pada generasi milenial di Indonesia agar tetap optimis dan bergerak maju mengembangkan usaha di tengah pandemi Covid-19. 

Di dalamnya terdapat empat agenda kegiatan, yaitu UMKM Muda Talk, Charity Webinar, Virtual Pop Up Market, dan Virtual Tour, yang  diselenggarakan secara gratis melalui Instagram @rumahbumn.bni dan @ayo.naik.kelas, serta Facebook & Youtube Channel Rumah BUMN BNI.

UMKM Muda Talk mempertemukan anak-anak muda Indonesia yang sedang merintis usaha dengan para entrepreneur muda inspiratif dari berbagai kota di Indonesia seperti Riza & Wakhyu Founder Rumah Mocaf Indonesia, Martalinda Basuki Founder Cokelat Klasik, Tiara & Rinaldi Founder Morfana.Co, Aussie Andry Founder & CEO Es Teh Indonesia – Gokskin.ID, Satria Widyar Founder Milkshake Pemuda, dan Elsen Nugroho Founder Arane Ecoprint. 

Sedangkan untuk UMKM Muda Charity Webinar mengundang desainer Dana Maulana founder brand ternama anak muda Danjyo Hiyoji serta pengusaha muda dan influencer Angga Daulay Founder & CEO D’Colonel Resto yang akan memberikan inspirasi dalam merintis usaha melalui tema From Zero to Hero di Official Youtube Rumah BUMN BNI. Melalui webinar tersebut, Ayo Naik Kelas juga mengajak peserta berdonasi untuk Kelompok Usaha Petani Kecil di Bandung Utara yang diinisiasi oleh Mang Toha bersama para jurnalis di Yayasan Odesa Indonesia melalui platform Kitabisa.com.

Ada pula UMKM Muda Virtual Pop Up Market yang menghadirkan kurasi produk-produk local brand kreasi anak muda dan UMKM Rumah BUMN BNI yang kreatif dan dapat menjadi inspirasi bagi anak muda lainnya sekaligus mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Di samping itu, di tengah pandemi dan aturan physical distancing, UMKM Muda Virtual Week akan mengajak para milenial untuk bisnis tour secara virtual ke lokasi usaha UMKM Muda Arma Rifai Founder Domba Berkah. Harapannya para milenialpreneur lainnya dapat melihat secara langsung proses bisnis dan bagaimana sang pemilik mengembangkan usahanya.

“Rumah BUMN yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN menjadi wadah bagi BUMN untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti Kementerian, Dinas Koperasi & UKM melalui program PLUT, universitas, marketplace, dan komunitas yang memiliki visi dan misi yang sama untuk UMKM. Kedepannya, Rumah BUMN juga diharapkan menjadi coworking space bagi anak muda untuk turut aktif berkolaborasi dengan UMKM sehingga kreativitas dan digital skill yang dimiliki anak muda ini dapat turut mengembangkan local brand yang kreatif dan mendunia melalui pemasaran digital,” ujar Meiliana, Corporate Secretary BNI, di Jakarta, Senin, 21 September 2020. 

Sementara itu, di lain pihak, Co-Founder Ayo Naik Kelas Bima Rizky mengatakan bahwa event ini kiranya bisa menjadi support system bagi para milenial yang baru lulus dari bangku sarjana saat ini dan ingin membuka usahanya sendiri di tengah situasi pandemi Covid-19. 

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi support system bagi mereka sekaligus mengumpulkan mereka dalam satu komunitas untuk saling berbagi informasi dan pengalaman diantara sesama UMKM Muda Indonesia lainnya,” terangnya. 

Hingga kini, BNI membina 44 Rumah BUMN di seluruh Indonesia melalui program-program pelatihan untuk mendorong UMKM naik kelas, serta membantu pembiayaan UMKM melalui program KUR dan BNI UKM Unggulan Nusantara (Bunga Nusantara) yang aktif melakukan kurasi produk asli Indonesia untuk mengikuti pameran di tingkat nasional dan dunia. (*)

Related Posts

News Update

Top News