BI-POLRI Kerja Sama Suplai Rupiah di Kepulauan dan Daerah Terpencil

BI-POLRI Kerja Sama Suplai Rupiah di Kepulauan dan Daerah Terpencil

Jakarta–Bank Indonesia (BI) dan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) terus meningkatkan kerja sama dalam upaya mendistribusikan uang Rupiah ke pulau-pulau berpenduduk di wilayah perairan Republik Indonesia (NKRI).

Upaya penguatan kerja sama ini dituangkan dalam Penandatanganan Perjanjian kerja sama antara Bank Indonesia dengan Kepolisian Republik Indonesia dalam rangka menyepakati penggunaaan sarana kapal milik Kepolisian Perairan Dan Udara (Polirud) untuk kegiatan kas keliling yang ditandantangani oleh Kepala DPU Bank Indonesia, Suhardi dan Kakorpolairud Ir. M. Choirul Noor Alamsyah di Jakarta, Selasa, 28 November 2017. Turut hadir Deputi Guberrnur BI, Sugeng dan Kabaharkam POLRI, Komjen Moechgiyarto.

PKS yang ditandatangani hari ini berlaku secara nasional, sehingga dapat dijadikan acuan bagi pelaksanaan kerja sama antara BI dan Polri di daerah. Kerja sama yang semakin erat antara kedua lembaga diharapkan dapat mendukung penyediaan Rupiah layak edar hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

Sugeng menegaskan untuk mendistribusikan, rupiah di pulau-pulau terpencil kerja sama dengan perbankan serta dukungan kepolisian menjadi sangat vital. Upaya pendistribusian rupiah ini diyakini bank sentral akan menekan transaksi menggunakan mata uang asim di wilayah perbatasan.

“Dengan dukungan kepolisian, transaksi melalui uang asing sudah sangat berkurang. Peredaran USD tadinya tinggi sekitar dari USD6 miliar, saat ini sudah menurun menjadi USD1,3 miliar,” tutur Sugeng. (*) Dicky F Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published.