BI: Ketahanan Sistem Perbankan Masih Terjaga

BI: Ketahanan Sistem Perbankan Masih Terjaga

Meningkatnya aktivitas ekonomi dan pelonggaran kebijakan makroprudensial BI, pertumbuhan kredit diperkirakan akan meningkat. Rezkiana Nisaputra

Jakarta–Kendati perekonomian nasional tengah mengalami pelambatan, Bank Indonesia (BI) menegaskan, saat ini stabilitas sistem keuangan masih tetap solid yang ditopang oleh ketahanan sistem perbankan dan relatif terjaganya kinerja pasar keuangan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta segara, di Jakarta, Kamis, 17 September 2015. “Ketahanan industri perbankan tetap kuat dengan risiko-risiko kredit, likuiditas dan pasar yang cukup terjaga,” ujarnya.

BI mencatat, pada Juli 2015, rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) masih kuat, jauh di atas ketentuan minimum 8%, yaitu sebesar 20,5%. Sementara itu, rasio kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) tetap rendah dan berada di kisaran 2,7% (gross) atau 1,4% (net).

Sementara sari sisi fungsi intermediasi, kata Tirta, pertumbuhan kredit tercatat sebesar 9,7% (yoy), melambat dari bulan sebelumnya, namun meningkat di bulan Agustus dan diperkirakan mencapai 10,9% (yoy). Sementara itu, pertumbuhan DPK pada Juli 2015 tercatat sebesar 14,6% (yoy).

“Ke depan, sejalan dengan meningkatnya aktivitas ekonomi dan pelonggaran kebijakan makroprudensial oleh Bank Indonesia, pertumbuhan kredit diperkirakan akan meningkat,” tutup Tirta. (*)

Related Posts

News Update

Top News