Benny Tjokro Dituntut Hukuman Seumur Hidup

Benny Tjokro Dituntut Hukuman Seumur Hidup

Jakarta – Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut hukuman pidana seumur hidup dan denda Rp5 miliar subsider 1 tahun kurungan terhadap Direktur Utama PT Hanson International Tbk, Benny Tjokrosaputro. Tuntutan tersebut dibacakan Jaksa dihadapan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor, di Jakarta, Kamis, 15 Oktober 2020.

Jaksa meyakini Benny bersama sejumlah pihak lainnya terbukti bersalah telah melakukan korupsi terkait pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya. Tak hanya itu, Jaksa juga meyakini Benny Tjokro telah melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

“Menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan tindak pencucian uang,” kata Jaksa Penuntut Umum saat membacakan surat tuntutan Benny Tjokro di Pengadilan Tipikor.

Tak hanya pidana pokok, Jaksa juga meminta Majelis Hakim untuk menjatuhkan pidana tambahan terhadap Benny Tjokro berupa kewajiban membayar uang pengganti sebesar Rp6,07 triliun. Jika uang pengganti tidak dibayar dalam waktu sebulan setelah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap, harta benda Benny akan disita Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut.

Jaksa meyakini Benny Tjokro dan Komisaris Utama PT Trada Alam Minera, Heru Hidayat telah bekerja sama untuk mengendalikan saham dengan cara tidak wajar. Keduanya melakukan kesepakatan dengan memperjualbelikan saham untuk menaikkan harga saham-saham tertentu seperti SMRU, IKP, Tram, MRYX dan mengendalikan saham-saham tersebut dengan sejumlah pihak lainnya.

Akibatnya harga saham mengalami kenaikan seolah-olah sesuai permintaan pasar yang wajar. Setelah saham-saham itu naik secara tak wajar, Benny Tjokro dan Heru Hidayat menjual saham itu ke PT Asuransi Jiwasraya. Akibat tindakan Benny Tjokro dan Heru Hidayat yang bekerja sama dengan tiga petinggi Jiwasraya tersebut, kata Jaksa, keuangan negara menderita kerugian hingga sekitar Rp16,8 triliun.

“Sehingga ditemukan kerugian negara terhadap investasi saham sejumlah Rp4,65 triliun dan kerugian negara atas investasi reksa dana senilai Rp12,15 triliun, sehingga total kerugian negara secara keseluruhan Rp16.80 triliun,” kata Jaksa.

Jaksa juga meyakini Benny Tjorko dan Heru Hidayat terbukti melakukan tindak pidana pencucian uang. Benny dan Heru diyakini Jaksa telah menyembunyikan hartanya dengan membeli sejumlah aset.

Untuk itu, Jaksa meyakini Benny telah melanggar Pasal 2 ayat (1) Juncto Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan Pasal Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Seperti diketahui, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor sebelumnya telah membacakan putusan terhadap empat terdakwa lainnya, yaitu mantan Dirut PT Jiwasraya Hendrismam Rahim, mantan Direktur Keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo, mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Syahmirwan, dan Direktur PT Maxima Integra Joko Hartono Tirto.

Majelis Hakim menjatuhkan hukuman seumur hidup terhadap keempat terdakwa tersebut. Majelis Hakim menyatakan keempat terdakwa terbukti melakukan tindak pidana korupsi sehingga merugikan negara hingga Rp16,8 triliun. (*)

Related Posts

News Update

Top News