Begini Cara Pembentukan Kekebalan Tubuh

Begini Cara Pembentukan Kekebalan Tubuh

Jakarta – Sistem imunitas atau daya tahan tubuh secara sederhana dapat dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan serangan organisme atau kuman yang bisa menimbulkan penyakit.

Artinya, semakin kuat sistem imunitas pada manusia, maka semakin kecil peluang terkena penyakit. Namun, saat sistem imunitas ini dalam kondisi lemah, tubuh pun akan mudah terserang penyakit.

Oleh sebab itu, dimasa pendemi Covid19 ini, penting sekali kita bisa menjaga sistem imunitas agar tetap baik dan normal. Dengan imunitas yang terjaga dengan baik, peluang virus masuk ke dalam tubuh semakin kecil.

Mengutip situs satgas penanganan Covid19, ada 2 cara pembentukan kekebalan tubuh manusia terhadap penyakit infeksi, yakni dilakukan secara alamiah melalui menderita langsung penyakit tersebut atau secara buatan melalui imunisasi.

Imunisasi akan membuat tubuh seseorang mengenali bakteri/virus penyebab penyakit tertentu, sehingga bila terpapar bakteri/virus tersebut menjadi lebih kebal. Imunisasi bertujuan mencegah penularan maupun keparahan suatu penyakit.

Oleh sebab itu imunisasi penting agar kita, keluarga, dan masyarakat dapat terhindar dari penyakit menular.

Seperti diketahui, Imunisasi yaitu proses yang membuat tubuh manusia terlindung dari suatu penyakit melalui proses vaksinasi. (*)

Related Posts

News Update

Top News