Batara Sianturi: Citibank Surplus Bankers

Batara Sianturi: Citibank Surplus Bankers

Jakarta – Julukan Citibank sebagai the university of bankers sudah diakui dunia perbankan. Pada acara Human Capital Summit 2021 bertopik “Solving Scarcity of Leaders to Face The Era of VUCA” yang diselenggarakan Infobank dan Ikatan Bankir Indonesia (IBI) hari ini, Batara Sianturi memaparkan apa yang dilakukan Citibank Indonesia sehingga bisa menghasilkan bankir-bankir andal.

Menurutnya, ada tiga prinsip Citi yaitu we take ownership, we deliver with pride, dan we succed together. Gender, nationality, background, tidak menjadi barrier di Citi sehingga semua talent memiliki kesempatan untuk sukses, dan Citi memiliki talent book yang terdiri dari talent-talent sangat unggul. Karena perhatiannya terhadap human capital sangat besar dan menjadi competitive advantage maka Citi tidak pernah kekurangan bankir andal. “Citibank surplus bankers,” ujar Batara Sianturi.

Karena itu, lanjut Batara, Citi telah berkontribusi menyediakan pemimpin baik di sektor bisnis maupun publik. “Citi produce CEOs in Indonesian banking sector, some with international experience. And Citi also produce leaders for Indonesia in private and public sector,” ujarnya.

Batara menyebut contoh nama-nama tenar jebolan Citibank yang sukses baik di sektor publik maupun private seperti Ignasius Jonan, Glenn Yusuf, Rini Soemarno, Ridha Wirakusumah, Marita Alisjahbana, Gita Wirjawan, Tigor Siahaan, Tim Utama, Ongki W Dana, dan banyak lagi nama lain.

Batara Sianturi sendiri yang memimpin Citi Indonesia sejak 2015 sebelumnya telah berpetualang ke beberapa negara. Dia adalah bankir nasional yang tumbuh bersama Citibank sejak merintis karir di Citi Indonesia pada 1988, dan memulai petualangan internasionalnya ketika ditempatkan di Hongaria mulai 2005 untuk memimpin bisnis consumer banking dan dua tahun kemudian diangkat menjadi CEO. Posisi yang prestisius diraihnya pada 2008 saat Batara dipercaya menjadi CEO sekaligus Regional Head untuk Central Eastern Europe yang membawahi 13 negara di wilayah Balkan dan Baltics.

Karirnya sebagai global banker berlanjut ketika pada 2013 menjadi Country Head Citi Filipina sampai pada 2015 Batara kembali ke tanah air untuk memimpin Citibank Indonesia. (*) KM

Leave a Reply

Your email address will not be published.