Awal Mei, BI Catat Dana Asing Masuk Rp2,87 Triliun

Awal Mei, BI Catat Dana Asing Masuk Rp2,87 Triliun

Jakarta – Bank Indonesia (BI) mencatat peningkatan aliran dana asing yang masuk (capital inflow) melalui Surat Berharga Negara (SBN) pada periode dua minggu pertana bulan Mei 2020.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, capital inflow pada minggu pertama bulan Mei mencapai Rp2,87 triliun, dan angka tersebut tersebut terus meningkat pada minggu kedua Mei 2020.

“Kami pantau minggu kedua bulan mei terdapat inflow masuk asing di SBN ya itu adalah Rp6,15 triliun dari periode 18 Mei sampai 20 Mei 2020,” kata Perry dalam Video Conference di Jakarta, Kamis 28 Mei 2020.

Menurutnya, meningkatnya aliran dana asing akibat meredanya kepanikan global terkaid Covid-19 serta penanganan Covid-19 di Indonesia yang terus masiv sehingga dinilai cukup baik meski jumlah kasus masih terus meningkat.

Walau begitu, Perry tak menampik bahwa aliran dana asing masih ada yang keluar (capital outflow) dari instrumen saham. Menurutnya isu kondisi pasar saham global masih mempengarungi pergerakan arus modal asing.

“Yang menjadi isu adalah mengenai saham masih mengalami outflow pada minggu kedua Mei senilai Rp2,72 triliun serta pada Minggu pertama Rp3,19 triliun,” tukas Perry. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News