Asuransi Sinar Mas Beri Edukasi Keuangan Virtual ke Pelajar

Asuransi Sinar Mas Beri Edukasi Keuangan Virtual ke Pelajar

Jakarta – Menyambut Bulan Inklusi Keuangan di bulan Oktober 2020 serta Hari Asuransi, 18 Oktober 2020, Asuransi Sinar Mas mengadakan kegiatan Literasi dan Inklusi Keuangan secara virtual untuk peserta di beberapa kota di Indonesia.

Literasi keuangan dibuka pada tanggal 01 Oktober 2020 dengan memberikan edukasi keuangan online bertema Ayo Belajar Asuransi bagi siswa-siswi SDN 51 Cakranegara, Lombok, Nusa Tenggara Barat dan dilanjutkan pada tanggal 02 Oktober 2020 bagi siswa-siswi SDN 49 Cakranegara, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Siswa-siswi diberikan edukasi keuangan berupa pengenalan asuransi dalam bentuk dongeng/story telling mengenai asuransi dan kebiasaan menabung sejak dini. Selain itu peserta juga diberikan edukasi mengenai 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga jarak) dari Dokter Simas Sehat untuk mencegah penyebaran Covid-19. Meskipun literasi dilakukan secara virtual, namun tidak mengurangi semangat dan antusiasme para siswa dalam mengikuti kegiatan ini khususnya dalam sesi tanya jawab.

Kegiatan literasi keuangan selanjutnya telah diadakan pada tanggal 08 Oktober 2020 bagi siswa SMK 1 Strada, Jakarta dan tanggal 09 Oktober 2020 bagi siswa SMK Kanisius Unggaran, Semarang. Materi edukasi keuangan yang diberikan meliputi pengenalan lembaga jasa keuangan, pengenalan asuransi, asuransi mikro serta pencegahan Covid-19 melalui 3 M.

Pada kegiatan literasi keuangan ini, Asuransi Sinar Mas juga membagikan buku cerita dan mewarnai mengenai asuransi (bagi siswa SD), asuransi mikro serta celengan impian untuk media menabung. Asuransi mikro Simas siswa mikro diberikan kepada siswa sementara untuk guru mendapatkan asuransi mikro simas perlindungan.

PT Asuransi Sinar Mas konsisten mengadakan kegiatan literasi dan inklusi keuangan sejak tahun 2015. Setiap tahunnya kegiatan diadakan dengan target sasaran siswa, petani, ibu rumah tangga dan juga UMKM dengan wilayah pelaksanaan di fokuskan di luar pulau Jawa. Untuk bulan Oktober 2020 ini, pelaksanaan kegiatan literasi dan inklusi keuangan masih akan berlanjut di beberapa wilayah di Kalimantan dan juga Papua.

“Untuk apa kami melakukan literasi keuangan? Salah satunya adalah bentuk sumbangsih kami pada Bangsa Indonesia untuk bisa meningkatkan pengetahuan seluruh masyarakat untuk paham mengelola keuangan dan mengenalkan asuransi. Dengan paham mengelola keuangan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan, ” ujar dari Dumasi M M Samosir, Direktur PT Asuransi Sinar Mas.

Kegiatan literasi keuangan selalu mendapatkan sambutan baik dari pihak sekolah.

“Saya atas nama keluarga besar SD Negeri 49 Cakranegara menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga dan sedalam-dalamnya kepada pihak Sinar Mas. Mudah-mudahan PT Asuransi Sinar Mas ini menjadi salah satu instansi yang diharapkan untuk dapat memberikan impian semua lapisan masyarakat pada umumnya. Literasi dan inklusi keuangan yang diadakan di SDN 49 Cakranegara ini, dapat mengajak peserta didik untuk menabung sejak dini dan mudah-mudahan kami berharap anak-anak setelah memperoleh edukasi ini dapat mempergunakan uangnya dengan cara bijak.” Ujar Zainuddin, Kepala Sekolah SDN 49 Cakranegara, Lombok. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.