Arti Hari Lahir Pancasila di Mata Ketua OJK

Arti Hari Lahir Pancasila di Mata Ketua OJK

Jakarta– Tepat hari ini tanggal 1 Juni 2017, segenap bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila, sebagaimana telah ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia melalui Keppres Nomor 24 Tahun 2016. Pesan demi pesan juga telah disampaikan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad dalam memperingati hari lahir pancasila ini.

“Hari ini, tepat 72 tahun yang lalu, para pendiri negara ini mengukuhkan Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia, sekaligus sebagai falsafah hidup bangsa dalam menyatukan perbedaan menjadi sebuah kekuatan,” ujar Muliaman pada Pidatonya di Jakarta, Kamis, 1 Juni 2017.

Tema yang diusung pada peringatan Hari Lahir Pancasila pada tahun ini ialah “Saya Indonesia, Saya Pancasila”. Muliaman menilai bahwa Tema ini menyiratkan pesan yang begitu dalam untuk kita agar dapat mengingat kembali dan memperkuat nilai-nilai luhur pancasila dalam diri kita menjadi bagian bangsa dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional.

Pada peringatan hari ini juga Muliaman menyampaikan kembali lima nilai-nilai Pancasila yang harus dikedepankan diamalkan masyarakat pada umumnya dan seluruh Insan OJK khususnya.

“Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menekankan kembali lima nilai-nilai Pancasila yang harus kita kedepankan dan jiwai untuk diamalkan oleh seluruh Insan OJK dalam bermasyarakat dan dalam menjalankan tugasnya sehari-hati,” ucapnya.

Muliaman menambahkan, dengan menjadi negara demokrasi dalam kebhinekaan, Indonesia telah mendapat pengakuan internasional sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan India.

“Besar harapan saya, di dalam diri setiap Insan Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan harus terpatri Kita Indonesia, Kita Pancasila, semua anda Indonesia, semua anda pancasila, saya Indonesia, saya pancasila,” tutup Muliaman. (*)

Related Posts

News Update

Top News