Alumni D-IV Keuangan Trisakti Sosialisasikan Peluang Profesi di Pasar Modal

Alumni D-IV Keuangan Trisakti Sosialisasikan Peluang Profesi di Pasar Modal

Jakarta — Pasar keuangan di Indonesia melaju pesat dengan jumlah investor yang terus meningkat setiap tahunnya. Oleh sebab itu, dibutuhkan sangat banyak profesional untuk bekerja di dunia keuangan, tak terkecuali di pasar modal. 

Mengetahui besarnya peluang menjadi profesional di pasar modal, para alumni D-IV Keuangan Trisakti menyosialisasikan berbagai profesi pasar modal kepada generasi muda. Saat ini, Universitas Trisakti, melalui program studi D-IV Keuangan telah melahirkan banyak profesional di dunia keuangan khususnya pasar modal.

Pandemi tidak menyurutkan semangat para alumni yang sudah menjadi profesional pasar modal untuk memberi motivasi kepada generasi muda, khususnya para mahasiswa. Melalui media zoom, Ikatan Alumni D-IV Ilmu Keuangan Trisakti pada hari Minggu (13/09) melakukan Webinar bertajuk “Breakdown the Capital Market Profession” sebagai bentuk upaya dalam mengedukasi para mahasiswa mengenai bagaimana peranan para alumni dalam kegiatan bekerja sehari-hari di dunia Pasar Modal.

Webinar dengan media Zoom yang digelar oleh Ikatan Alumni D-IV Ilmu Keuangan Trisakti dengan audiensi para mahasiswa (13/9/2020).

Acara webinar ini mengundang 10 narasumber dengan latar belakang pendidikan yang sama yaitu dari Program Studi D-IV Ilmu Keuangan Universitas Trisakti. Adapun narasumber merupakan para alumni yang sudah memiliki jam terbang dan pengalaman yang sangat cukup sesuai bidang pekerjaan mereka masing-masing. Profesi-profesi yang disosialisasikan oleh narasumber pada webinar kali ini cukup beragam, seperti terkait risk management, settlement, internal audit, corporate financeinvestor relation, research, investment banking serta broker dealer.

Menurut Lanjar Nafi Taulat, Ketua Ikatan alumni D-IV Keuangan Trisakti dan Head of Research PT Reliance Sekuritas, sosialisasi ini penting untuk dilakukan, mengingat pasar modal masih membutuhkan sangat banyak tenaga profesional dan jenjang karir yang cukup baik. “Webinar ini membantu para peserta mengetahui berbagai pengetahuan ilmu apa saja yang harus diperdalam dari masing-masing profesi dan bagaimana cara bekerjanya,” tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan panelist, Ibrahim, Portfolio Analyst Indosterling AM, serta Rudy Setiawan, analyst PT MNC Sekuritas yang menyebutkan kebiasaan mahasiswa milenial dengan segala sesuatu yang cepat dan praktis sangat berelasi dengan industri pasar modal yang dinamis.

“Banyaknya profesi pasar modal yang dipaparkan pada webinar tersebut memang disengaja agar profesi-profesi pasar modal lebih dikenal masyarakat luas,” ujar ketua acara webinar kali ini, Halashon Tambunan, Manager Investment Banking PT Erdikha Elit Sekuritas. 

Hal yang sama juga diungkapkan panelist Rahmadianti Thomas, Internal Audit PT. Mandiri sekuritas, Andre Luthfy, Assistant Head of Risk Management BCA Sekuritas serta Michelle Melody, Corporate Finance Analyst PT Profesional Telekomunikasi Indonesia yang merupakan anak usaha langsung PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR). Mereka menyebut banyak profesi pasar modal selain analyst dan broker yang memiliki peluang karir baik namun di satu sisi cuku sulit untuk mendapat Sumber Daya Manusia yang kompeten.

Peserta yang mayoritas masih menyandang status mahasiswa menyambut dengan antusias acara tersebut. Panelist, Faris Syaifullah, Equity Sales Executive, CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, dan Anissa Septiwijaya Research Analyst PT Reliance Sekuritas, mengaku senang dengan respon peserta, di mana acara tersebut dianggap sangat menarik, bahkan banyak pertanyaan dari peserta yang belum sempat terjawab karena keterbatasan waktu. 

Panelist lain, Junaidy Muzhary, Settlement dari PT Erdikha Elit Sekuritas berharap acara yang sama diadakan berulang untuk tiap periodenya, agar muncul bibit-bibit baru yang bisa secara berkesinambungan membanrh pengembangan dunia pasar modal.

Respon positif pun juga datang dari Tri Kunawangsih, ketua Program D-IV Keuangan. Dalam sambutannya, dia mengapresiasi terselengaranya acara ini yang dinilai sangat bermanfaat bagi banyak pihak. “Sehingga mahasiswa yang masih belum tau ke mana arah masa depan bisa mulai terbuka wawasannya dan tertarik untuk terjun ke dunia pasar modal yang masih sangat besar peluangnya,” tukasnya.

Tingginya antusiasme dari peserta, maka alumni pasar modal D-IV keuangan Trisakti, berencana melakukan webminar selanjutnya. “Mengenai detil-detil pekerjaan dari profesi pasar modal. pembicaranya pun merupakan profesional dalam bidangnya,” ujar Halason. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.