Perbankan

Top! Laba Bersih BRI Tembus Rp29,90 Triliun di Semester I 2024

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) atau BRI pada hari ini (25/7) menyampaikan hasil kinerja keuangan hingga akhir Juni 2024 dengan mencatatkan laba bersih Rp29,90 triliun.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Direktur Utama BRI, Sunarso dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, 25 Juli 2024.

“Hingga akhir Juni 2024, BRI secara konsolidasian berhasil mencetak laba sebesar Rp29,90 triliun. Kinerja positif BRI Group tersebut tak lepas dari pertumbuhan penyaluran kredit dan juga penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) yang tumbuh doubel digit,” ucap Sunarso.

Dari sisi intermediasi, Sunarso menjelaskan, BRI juga berhasil melakukan penyaluran kredit hingga akhir triwulan II-2024 sebesar Rp1.336,78 triliun atau tumbuh 11,2 persen secara tahunan atau yoy.

Baca juga: Wow! Laba BCA Q2/2024 Terbang Double Digit

“Dari penyaluran kredit tersebut, segmen UMKM masih mendominasi penyaluran kredit BRI yang porsinya mencapai 81,96 persen dari total penyaluran kredit BRI atau sekitar Rp1.095,64 triliun kredit BRI disalurkan kepada segmen UMKM,” imbuhnya.

Realisasi kredit tersebut turut mendorong aset BRI tumbuh 9,54 persen secara yoy menjadi Rp1.977,37 triliun hingga Juni 2024. Pun demikian dengan DPK yang ikut tumbuh 11,61 persen menjadi Rp1.389,66 triliun.

Baca juga: Perangi Judi Online, BRI Blokir Rekening hingga Terapkan Sistem Anti Money Laundering

“DPK didominasi oleh giro dan tabungan atau yang kita sebut current account saving account (CASA) yang tumbuh 7,66 persen year on year. Dan sehingga porsi dana murah BRI mencapai Rp877,9 triliun atau kalau dipresentasikan 63,17 persen dana BRI adalah berupa dana murah,” ujar Sunarso.

Sebelumnya, BRI juga telah mencatatkan kinerja yang positif sebelumnya, yakni laba bersih secara konsolidasi pada kuartal I-2024 tercatat sebesar Rp15,98 triliun atau tumbuh 2,69 persen secara tahunan. (*)

Editor: Galih Pratama

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Begini Tanggapan OJK Soal Jokowi Terbitkan Aturan Asuransi untuk Mantan Menteri

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 121 Tahun 2024… Read More

55 mins ago

Bank NTT Resmi Luncurkan Kartu Kredit Indonesia Berbasis GPN

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengumumkan telah mendapatkan persetujuan… Read More

1 hour ago

Marak Merchant Tolak Transaksi Uang Tunai, Begini Kata BI

Jakarta – Bank Indonesia (BI) menegaskan bahwa merchant atau pedagang wajib menerima pembayaran dalam bentuk uang tunai.… Read More

1 hour ago

Pacu Pertumbuhan, BCA Digital Hadirkan Layanan Valas dan Inovasi Teknologi Lewat bluValas

Jakarta - BCA Digital memperkuat posisinya di industri perbankan digital Indonesia dengan merespons kebutuhan finansial masyarakat… Read More

2 hours ago

Bergerak Variatif, IHSG Sesi I Ditutup Flat di Level 7.735

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi I hari ini (18/10) ditutup… Read More

4 hours ago

BI Ungkap Muncul Fenomena Masyarakat Terpaksa Kerja dengan Upah kecil

Jakarta – Bank Indonesia (BI) menyebutkan bahwa terjadi fenomena pergeseran tenaga kerja di berbagai daerah yang berkerja… Read More

4 hours ago