Top 100 Outstanding Women 2022: Semangat Kartini Dalam 100 Wanita Tangguh Sektor Keuangan

Top 100 Outstanding Women 2022: Semangat Kartini Dalam 100 Wanita Tangguh Sektor Keuangan

Top 100 Most Outstanding Women 2022: Semangat Kartini dalam Wanita Tangguh Masa Kini
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

PARA wanita Indonesia patut mengenang RA Kartini, pahlawan emansipasi wanita Indonesia, atau sekarang dikenal dengan kesetaraan gender. Kartini yang hidup pada 1879-1904 telah berjuang membukakan jalan bagi perempuan untuk maju dengan meruntuhkan budaya dan tradisi Jawa yang saat itu menempatkannya untuk menjalani pingitan pada usianya yang baru menginjak 12 tahun.

Berkat jasa dan perjuangan RA Kartini, para wanita Indonesia bisa berdiri sejajar dengan kaum pria, bahkan tidak sedikit yang sukses menjadi pemimpin baik di lembaga publik maupun swasta. Sebut saja nama Megawati Soekarno Putri yang menjadi Presiden Republik Indonesia ke-4. Sekarang, sejumlah wanita juga duduk di kabinet pemerintahan Joko Widodo yaitu Retno Marsudi yang menjabat Menteri Luar Negeri, Tri Risma yang menjadi Menteri Sosial, atau Sri Mulyani yang duduk di kursi Menteri Keuangan.

Selain Sri Mulyani, di kursi pejabat lembaga anggota KSSK juga ada Destri Damayanti yang menjadi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Nurhaidah yang menjadi Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lana Soelistianingsih yang duduk di kursi Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan. Di jajaran Anggota Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027 juga ada sosok Friderica Widyasari Dewi yang segera mengundurkan diri dari kursi nomor satu di BRI Danareksa.

Para wanita Indonesia juga banyak berperan di sektor jasa keuangan, dan banyak yang berhasil menggapai puncak kursi kepemimpinan. Ada Lani Darmawan yang menjadi orang nomor satu di Bank CIMB Niaga, Parwati Surjaudaja yang menjadi direktur utama Bank OCBC NISP, Lisawati yang memimpin Bank Ganesha, Michellina Laksmi Triwardhany yang memimpin Prudential Life Assurance, Lauren Sulistiawati yang menahkodai Bank Commonwealth Bank, Elin Waty yang menjadi direktur utama Sun Life Financial, hingga Juliati Boddhiya yang memimpin Asuransi Central Asia.

Di bank raksasa seperti Bank Mandiri dan BNI, orang nomor dua juga diduduki bankir wanita yaitu Alexandra Askandar dan Adi Sulityowati. Selain itu, di kursi direksi maupun komisaris juga ada profesional-profesional wanita tenar seperti Vera Eve Lim yang menjabat direktur BCA, Handayani yang menjadi direktur BRI, Rita Mirasari sebagai Direktur Bank Danamon, Fransisca Oey sebagai direktur kepatuhan Bank CIMB Niaga, Catherinawati Hadiman Sugianto  sebagai Komisaris Independen HSBC Indonesia, Verawaty Handayani yang menjadi Risk Managing Director CIMB Group, hingga Aviliani ekonom kondang yang saat ini menjadi Komisaris di Aplikasi Nusantara dan bulan depan kabarnya akan menduduki kursi komisaris utama sebuah bank digital.

Untuk menghargai jasa dan perjuangan Kartini, masyarakat Indonesia terutama kaum perempuan pun memperingati Hari Kartini setiap tanggal 21 April. Infobank Media Group bersama 100 wanita sukses di sektor keuangan dan BUMN pun akan berkumpul dalam ajang Top100 Outstanding Women Forum 2022 di Solo, pada 20 Mei 2022. Di event tersebut, para Kartini sukses di sektor jasa keuangan yang didampingi oleh Selvi Ananda yang merupakan istri Walikota Solo Gibran Rakabuning Raka yang dalam kapasitasnya sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta bersama Evita Sumajouw sebagai Komisaris Utama Infobank Media Group, akan berbagi inspirasi kepada kaum wanita Indonesia, sekaligus turut serta dalam mempromosikan wisata domestik pasca-pandemi serta melakukan kegiatan pemberdayaan dan sosial bersama para pembatik Surakarta untuk mendukung pengembangan sektor kreatif dan UMKM, termasuk meningkatkan literasi keuangan kepada masyarakat. (*) Karnoto Mohamad

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]