Top 100 Most Outstanding Women 2022: Semangat Kartini dalam Wanita Tangguh Masa Kini

Top 100 Most Outstanding Women 2022: Semangat Kartini dalam Wanita Tangguh Masa Kini

Top 100 Most Outstanding Women 2022: Semangat Kartini dalam Wanita Tangguh Masa Kini
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

“Dan biarpun saya tiada beruntung sampai ke ujung jalan itu, meskipun patah di tengah jalan, saya akan mati dengan merasa berbahagia, karena jalannya sudah terbuka dan saya ada turut membantu mengadakan jalan yang menuju ke tempat perempuan Bumiputera (Indonesia) merdeka dan berdiri sendiri”.

Kutipan tersebut merupakan sepenggal curahan hati dari seorang wanita kebanggaan negeri ini, Raden Ajeng (RA) Kartini, yang tergores dalam buku Habis Gelap Terbitlah Terang. Tersirat, begitu besarnya harapan Kartini terhadap wanita-wanita Indonesia untuk menjadi makin lebih baik, untuk duduk sama rendah, berdiri sama tinggi dengan kaum adam. Jika diberi kesempatan yang sama dengan kaum laki-laki, para wanita akan dapat berperan lebih bagi kemajuan bangsa ini.

Apa yang dimimpikan Kartini, yang hidup di masa kolonial, 1879-1904, kini dapat dikatakan sudah terwujud. Wanita-wanita Indonesia sudah sejajar dengan kaum laki-laki, di berbagai aspek, seperti pendidikan maupun pekerjaan.

Sebagai contoh sekilas saja, republik ini pernah punya presiden wanita. Di level menteri negara, di berbagai periode pemerintahan, termasuk di pemerintahan saat ini, juga ada menteri wanita. Di tingkat daerah, tak sedikit wanita yang menjadi kepala daerah. Pun di lingkungan korporasi, banyak wanita hebat yang menjadi leader tangguh dan mampu mengukir prestasi. Keberagaman (diversity) gender sekarang sudah jadi hal yang lumrah.

Banyak perusahaan keuangan yang kini memberi tempat di posisi top management untuk para wanita. Itu menjadi bukti bahwa tak ada lagi sekat-sekat mengenai gender. Bank global sekelas Citibank pun memprioritaskan adanya diversity, baik diversity generasi maupun gender. Dan di Citibank Indonesia, dari 7 direksi, 4 di antaranya adalah wanita. “Human capital diversity is priority in Citi Indonesia,” kata Batara Sianturi, Chief Executive Officer (CEO) Citi Indonesia, saat memberikan training kepada para manajer Infobank Media Group di Jakarta, Selasa, 29 Maret 2022.

Majalah Infobank edisi April 2022 menerbitkan laporan khusus bertajuk “Top 100 Most Outstanding Women 2022”. Para wanita yang ditampilkan, khususnya, adalah pemimpin-pemimpin perusahaan dari industri jasa keuangan, yakni perbankan (bank umum dan BPR), asuransi jiwa, asuransi umum, multifinance, dan sekuritas, ditambah perusahaan BUMN, di level direksi dan komisaris.

“Top 100 Most Outstanding Women 2022” adalah sebuah forum atau kumpulan leader wanita pilihan Infobank, yang dinilai berpengaruh terhadap industri atau lingkungannya. Beberapa nama besar ada di dalam forum ini, seperti Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI, Destry Damayanti, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina, Lani Darmawan, Direktur Utama Bank CIMB Niaga, dan Friderica Widyasari Dewi, Direktur Utama BRI Danareksa Sekuritas – yang kini sedang mengikuti seleksi pemilihan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022-2027.

Ingin tahu lebih jauh mengenai 100 wanita luar biasa di industri jasa keuangan dan BUMN yang mengisi forum “Top 100 Most Outstanding Women 2022”? Simak laporan selengkapnya di Majalah Infobank No. 528, edisi April 2022. (*) Ari Nugroho

*Pemesanan/pembelian majalah: 0852-8802-0094, 0815-9960-459, sirkulasi@infobank.co.id / www.infobankstore.com (versi digital)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]