Tokopedia Alami Peningkatan Pengguna Selama Pandemi

Tokopedia Alami Peningkatan Pengguna Selama Pandemi

Tokopedia Alami Peningkatan Pengguna Selama Pandemi
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – E-commerce, Tokopedia mengalami peningkatan jumlah pengguna selama pandemi COVID-19. Tidak hanya pelaku usaha UMKM, pengguna juga bergabung untuk sebagai investor untuk berinvestasi pada Emas dan Reksa Dana.

VP of Fintech and Payment Tokopedia Vira Widiyasari mengaku ada peningkatan 1,8 juta merchant yang bergabung di Tokopedia selama kurun waktu 6 bulan. 90% dari penjual tersebut berada di kelas Ultra Mikro.  Tokopedia memang mendorong sektor UMKM untuk membuka toko online melalui kampanye Jaga Ekonomi Indonesia. Tujuannya adalah agar para pelaku sektor UMKM dapat terus menjalankan usahanya secara digital.

“Di awal pandemi jumlah merchant Tokopedia mencapai 7,2 juta merchant. Saat ini, total merchant meningkat mencapai lebih dari 9 juta, 90% nya ultra mikro. Jadi, ada peningkatan sekitar 1,8 juta merchant selama pandemi dalam jangka waktu yang pendek,” jelas Vira dalam diskusi virtual, di Jakarta, Rabu, 23 September 2020.

Selain peningkatan jumlah merchant, Tokopedia juga mengalami peningkatan jumlah investor dan transaksi pada produk investasi emas dan Reksa Dana. Tokopedia Emas mencatatkan pertumbuhan jumlah pengguna   hampir 20 kali lipat selama satu tahun ke belakang. Transaksi Emas pun juga naik hingga hampir 30 kali lipat.

Kemudian, Tokopedia ReksaDana juga mencatatkan pertumbuhan. Transaksi Reksa Dana tumbuh hampir 27 kali lipat selama dua tahun ke belakang. Selain itu, jumlah pengguna yang terdaftar di Tokopedia ReksaDana juga meningkat menjadi lebih dari 57 kali lipat.

“Ke depannya, Tokopedia akan terus memberikan berbagai kemudahan dan nilai tambah lain agar dapat terus memberikan solusi investasi yang inklusif, mudah, cepat dan terjangkau, untuk mendorong masyarakat memiliki literasi serta manajemen keuangan yang lebih baik,” ucap Vira. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]