Categories: Ekonomi dan Bisnis

Titik Balik Pertumbuhan Ekonomi 2016

Cirebon–Kondisi perekonomian Indonesia di 2016 diprediksi akan lebih baik dibanding tahun ini. Cyrillus Harinowo, ekonom yang juga komisaris BCA mengatakan ada beberapa indikasi perbaikan ekonomi yang mulai terlihat di menjelang pergantian tahun ini.

Pertama, pertumbuhan ekonomi mulai menunjukkan peningkatan kendati masih relatif kecil. Jika pada kuartal kedua lalu angka pertumbuhan diangka 4,67%, per kuartal ketiga angka pertumbuhan ekonomi naik ke angka 4,73%.

“Walaupun masih kecil peningkatannya namun saya yakin titik balik akan terjadi,” ujar Harinowo pada Media Workshop BCA di Cirebon, Jumat, 11 Desember 2015.

Kedua, perbaikan ekonomi juga bisa dilihat dari neraca persagangan. Per Oktober, trade balance untuk mobil dan komponennya mulai surplus. Begitu juga dengan baja. Ketiga, defisit transaksi berjalan juga mulai menunjukkan arah perbaikan.

“Pelemahan ekspor Indonesia lebih banyak terjadi karena penurunan harga-harga komoditas. Tapi jangan salah, ekspor manufaktur Indonesia ternyata tumbuh baik,” lanjutnya.

Kedepan, Harinowo memprediksi bahwa ekspor Indonesia akan membaik. Bahkan tidak hanya dalam hal volume tapi juga soal harganya.

Berjalannya berbagai proyek infrastruktur dan konsumsi pemerintah  di awal tahun depan akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi ke arah yang lebih baik. Sebab, pembangunan infrastruktur akan bergerak dengan sangat cepat. Hal ini terlihat dari progres pembangunan MRT, LRT, Double Tracking, Tol Sumatera-Jawa dan berbagai pelabuhan baik laut maupun udara.

“Dampak multiplier effect akan luar biasa. Salah satunya ke penjualan semen dan baja. Penjualan semen awal tahun anjlok tapi Juli sampai September sudah mulai meningkat. Ini akan berdampak positif bagi perekonomian,” sambungnya. (*)Novita Adi Wibawanti

Apriyani

Recent Posts

IHSG Diprediksi Menguat, Simak Rekomendasi Saham Berikut

Jakarta - MNC Sekuritas melihat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal pada hari… Read More

50 mins ago

BEI: 68 Persen Saham di Bursa Milik Perusahaan Syariah

Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat pertumbuhan positif di pasar modal syariah hiingga 18… Read More

2 hours ago

Kolaborasi BCA Syariah dan Henan Putihrai Sekuritas Tingkatkan Inklusi Pasar Modal Syariah

Jakarta - PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) resmi menandatangani kontrak kerja sama dengan PT… Read More

2 hours ago

Begini Strategi BNC Tingkatkan Inklusi Keuangan Masyarakat Indonesia

Jakarta - Bank Neo Commerce (BNC) memiliki komitmen untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat… Read More

3 hours ago

Riset: Budaya Nongkrong Kelas Menengah Bertahan di Tengah Krisis Daya Beli

Jakarta – Managing Partner Inventure, Yuswohady menyatakan bahwa budaya nongkrong di kalangan masyarakat Indonesia sulit… Read More

10 hours ago

Survei Inventur: Kelas Menengah Mulai Tunda Punya Rumah hingga Menikah

Jakarta - Deflasi yang terjadi di Indonesia selama lima bulan berturut-turut sejak Mei-September 2024 menyebabkan masyarakat… Read More

10 hours ago