Tips Sederhana Atasi Cat Mobil Pudar Agar Tetap Berkilau

Tips Sederhana Atasi Cat Mobil Pudar Agar Tetap Berkilau

Beli Asuransi Mobil, Pahami Perbedaan Dua Jaminan Ini
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Warna cat mobil yang bening dan mengkilap pastinya menyenangkan untuk dilihat. Namun, ada beberapa hal yang patut diketahui dan biasanya menjadi biang kerok si cat mobil menjadi pudar. Cat mobil yang memudar tentu nantinya membuat tampilan dari kendaraan kurang enak dilihat. Agar dapat menjaga warna dari mobil, dengan mengetahui beberapa pembahasan ini supaya dapat menjaga cat mobil dalam kondisi mengkilap, baik dan mencegahnya memudar.

Hal yang patut diketahui para pemilik mobil ketahui ialah paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan cat mobil pudar. Ini bisa terjadi apabila mobil selalu terparkir di bawah terik panas matahari. Tempat parkir tanpa atap secara terus menerus dan dalam jangka tertentu akan mempengaruhi kilau dari cat. Jika dibiarkan, maka cat mobil Anda bisa pudar pada beberapa bagian.

Langkah untuk mencegahnya cukup mudah, hindari lokasi parkir dengan lokasi tersebut, pilih tempat parkir yang ada atapnya supaya mobil terlindung dari paparan langsung matahari. Selanjutnya yang dapat memicu cat mobil pudar ialah paparan zat kimia tertentu, misalnya bensin, air aki, thinner dan lainnya. Jika cairan tersebut tumpah atau mengenai body mobil dan tidak segera dibersihkan, bisa jadi nantinya dapat membuat cat mobil Anda menjadi pudar.

Untuk itu, perlu berhati-hati pada cairan kimia tersebut, hindari parkir ataupun mendekati area cairan tersebut berada. Saat Anda mengisi bahan bakar, lakukan dengan cara yang tepat dan aman supaya tidak mengenai permukaan body. Lalu, hal lain yang dapat membuat pudarnya cat mobil Anda yaitu penanganan, perbaikan ataupun pengecatan mobil Anda yang buruk. Penyebab cat mobil pudar dapat juga disebabkan karena berbagai hal lainnya seperti debu, polusi udara, kotoran serangga, kotoran burung, dan lainnya.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan agar mobil anda tetap berkilau:

1. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Compound

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah jangan menggunakan compound terlalu sering. Banyak orang beranggapan bahwa memakai compound membuat cat body mobil terlihat mengkilap dan awet. Namun sebenarnya anggapan tersebut kurang tepat, karena jika menggunakan compound terlalu sering untuk body mobil membuat cat mobil lama-lama akan terkikis. Hal ini karena cara kerja compound merupakan obat poles, digosokkan di permukaan body mobil Anda. Akibatnya, jika terlalu sering memoles permukaan body mobil Anda menjadi penyebab cat mobil pudar .

2. Gunakan Wax

Daripada Anda mengaplikasikan compound terlalu sering dan akan berakibat buruk untuk cat body mobil, sebaiknya Anda mengaplikasikan wax. Wax dianggap lebih aman digunakan. Hal ini karena proses pemakaiannya seperti lilin. Ketika membersihkan kotoran yang membandel dengan wax, maka cat mobil Anda tidak akan terkikis, sehingga warnanya akan tetap awet dan mengkilap. Proses waxing ini dapat dilakukan satu kali sebulan, sebaiknya juga jangan terlalu sering karena akan kurang baik bagi cat mobil tersebut.

3. Jangan Terkena Air Hujan Terus Menerus

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa air hujan dapat berakibat buruk untuk cat body mobil Anda, terlebih jika terkena air hujan terus menerus. Namun, menghindari hujan adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Apalagi ketika sudah memasuki musim penghujan dan pastinya tiap hari mobil terkena air hujan.

Jika mobil Anda terkena air hujan, sebaiknya sesegera mungkin Anda mencuci body mobil. Ini agar tidak memicu munculnya jamur dan membuat warna cat mobil Anda terlihat kusam dan buram. Setelah dicuci, keringkan body mobil dengan lap kering dan bersih.

4. Jauhkan dari Tempat Berdebu

Cara sederhana yang dapat Anda lakukan supaya tidak menyebabkan  cat mobil pudar dan buram ialah dengan menjauhkan mobil Anda dari tempat berdebu terus menerus. Debu yang mungkin menempel di body mobil dapat membuat cat mobil tergores. Sebaiknya, mobil yang terkena debu untuk segera dibersihkan supaya debunya hilang. Selain itu ini akan membuat body mobil jadi bersih dan warnanya tetap terjaga.

5. Menggunakan Cover Mobil

Cara agar cat mobil dapat mengkilap dan tidak pudar berikutnya yakni dengan rajin memakai cover mobil ataupun selimut mobil. Saat mobil diparkir pada ruangan terbuka, sebaiknya pakailah cover mobil supaya  tidak terkena panas yang terlalu lama.

Cara-cara sederhana tersebut menjaga supaya cat mobil Anda tetap terawat sebaiknya Anda lakukan dengan  rutin agar hasilnya lebih optimal. Cara-cara sederhana untuk menjaga supaya cat mobil Anda tetap terawat tersebut sebaiknya dilakukan dengan rutin dan benar agar hasilnya pun lebih optimal. Bagi Anda yang mungkin tidak memiliki waktu dalam melakukan perawatan pada  mobil Anda, Anda bisa pergi ke bengkel body repair terdekat. Sehingga, kondisi dari cat mobil Anda tetap dalam keadaan yang terawat.

Untuk Anda yang mungkin tidak memiliki waktu untuk merawat kendaraan, sebaiknya Anda juga memperhatikan beberapa hal yang penting. Apabila Anda ingin mencuci kendaraan, sebaiknya Anda tidak perlu memakai  shampo mobil, cukup gunakan air bersih. Ini agar tidak menyebabkan cat mobil pudar. Kemudian dilanjutkan dengan mengeringkannya menggunakan lap kering juga bersih.

Di Otoklix, kami meyakini bahwa layanan perbaikan mobil  dan perawatan seharusnya memudahkan dan transparan. Jasa perawatan mobil via Otoklix mencakup ganti oli, rem, ban, servis berkala, sampai cuci dan detailing. Jika mobil Anda tidak berfungsi semestinya, Otoklix membantu perbaikan mobil ringan hingga berat, misalnya mesin, AC, sampai body repair. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]