Tips Olahraga di Rumah Untuk Mengisi Waktu Dimasa Pandemi

Tips Olahraga di Rumah Untuk Mengisi Waktu Dimasa Pandemi

Tips Olahraga di Rumah Untuk Mengisi Waktu Dimasa Pandemi
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Olahraga sederhana bisa menjadi salah satu pilihan bagi anda untuk mengisi waktu di rumah. Jika anda masih bingung, berikut 5 cara untuk berolahraga sederhana di rumah yang bisa diterapkan kapan saja.

1. Coba Olahraga HIIT

Saat di rumah, anda bisa mencoba HIIT (High Intensity Interval Training). Olahraga ini adalah kombinasi antara olahraga intensitas tinggi dengan istirahat atau olahraga santai dalam durasi tertentu. Contohnya, gerakan meloncat selama 40 detik, lalu beristirahat atau jalan di tempat selama 10 detik.

Pengulangan latihan kardio yang sangat manjur untuk memicu adrenalin, menguras keringat, serta membuat perasaan bugar sekujur tubuh. Cukup 5-20 menit olahraga di rumah dengan metode HIIT, stres berkurang dan imun meningkat sehingga anda bisa lebih sehat.

2. Olahraga ringan di rumah

Selain olahraga HIIT, anda juga bisa mencoba olahraga ringan seperti berjalan, berlari, atau naik turun tangga bisa jadi solusi aktivitas di rumah untuk manfaat kesehatan.

Olahraga jalan kaki selama 30 menit bisa mengurangi risiko penyakit jantung, memperkuat tulang dan otot, serta meningkatkan mood. Anda melakukan olahraga ini di rumah tanpa harus keluar, atau jaga jarak dari orang lain jika ingin berkeliling area sekitar rumah.

3. Coba olahraga online

Kemudian, anda juga bisa mencoba olahraga online melalui  platform video conference misalnya Whatsapp atau Zoom. Kedua platform ini bisa jadi media olahraga bersama orang lain sambil physical distancing.

Ajak teman-teman anda memilih sesi olahraga yang cocok, misalnya dance, yoga, atau angkat beban. Lakukan bersama-sama atau bergiliran, asalkan tubuh berkeringat dan hati gembira supaya imun meningkat.

4. Manfaatkan konten olahraga di YouTube

Jika anda kehabisan ide olahraga, anda bisa mencoba konten-konten olahraga yang tersedia di YouTube. Platform video online ini menyediakan berbagai jenis aktivitas olahraga di rumah, mulai untuk pemula seperti olahraga lantai, yoga santai, hingga senam dance yang seru. Bagi yang ingin lebih intens, pilih saja video dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

5. Gunakan aplikasi olahraga

Jika menyukai olahraga yang lebih terstruktur, anda bisa mencoba aplikasi olahraga di rumah. Anda bisa mengunduh aplikasi dari brand olahraga ternama atau latihan untuk pemula dengan fitur olahraga sesuai pilihan waktu dan bagian tubuh yang ingin dibentuk. Dengan demikian, anda bisa berolahraga dengan lebih teratur dan terjadwal.

Kemudian, jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan 3M. Dengan prokes ketat, kita dapat membantu tenaga kesehatan dalam menangani pandemi. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]