Tips Merawat Kendaraan Agar Aman Berkendara

Tips Merawat Kendaraan Agar Aman Berkendara

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Kendaraan bermotor telah menjadi bagian penting dalam kehidupan. Setiap orang mulai menggunakannya secara berkala dan rutin untuk berbagai kegiatan. Mulai dari bekerja, sekolah, dan bepergian. Jika kendaraan bermotor rutin digunakan, maka si pemilik kendaraan juga wajib merawat kendaraannya.

Cara untuk merawat kendaraan adalah dengan mengecek dan memperbaiki komponen penting dari kendaraan bermotor setiap kali akan berkendara. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat bagian kendaraan bermotor yang penting:

1. Ganti oli mesin.

Oli mesin adalah bagian pendingin pada mesin kendaraan bermotor. Oli ini harus diganti secara berkala setiap beberapa bulan sekali. Tujuannya adalah agar mesin tetap dingin dan terawat sehingga tak mogok di tengah jalan.

2. Cek berkala keadaan ban.

Ban adalah salah satu bagian yang vital pada kendaraan bermotor. Kaki-kaki kendaraan ini harus diperhatikan kondisinya agar tetap nyaman saat berkendara. Jika ban kendaraan sudah mulai “botak,” maka pemilik kendaraan wajib menggantinya agar terhindar dari kecelakaan yang bisa disebabkan karena tergelincir.

3. Periksa aki.

Aki adalah komponen yang berperan dalam mengurus kelistrikan kendaraan bermotor. Aki harus di cek secara berkala untuk memastikan setiap lampu dan indikator kendaraan berfungsi dengan baik. Jika aki sudah mulai “soak,” maka pemilik kendaraan harus segera membawanya ke bengkel terdekat untuk diperbaiki.

4. Cek lampu kendaraan sebelum berkendara.

Sebelum berkendara, pastikan setiap lampu berfungsi dengan baik karena fungsi lampu sangat vital khususnya pada malam hari. Jika lampu mati, maka segera bawa ke bengkel terdekat untuk diganti. Jika lampu tak bermasalah, bisa jadi aki yang bermasalah.

5. Cek kanvas/kampas rem secara berkala.

Fungsi pengereman juga sangat penting ketika berkendara. Agar terhindar dari kecelakaan, pastikan setiap rem berfungsi dengan normal dan kampas rem masih tersedia.

Selain merawat kendaraan, berkendara akan terasa lebih aman bila kita memiliki proteksi diri. PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia, Tbk (Tugu Insurance) meluncurkan produk perlindungan kendaraan bermotor yang diberi nama t-ride.

Asuransi kendaraan bermotor ini cukup terjangkau bagi para pemilik kendaraan. Asuransi Tugu menawarkan premi yang terjangkau yakni mulai dari Rp90 ribu untuk produk asuransi t-ride ini. Selain melindungi jiwa pengendara, Tugu Insurance akan menjamin biaya perbaikan kendaraan atau mengganti kendaraan hilang karena pencurian.

Selain itu, jaminan utama t-ride adalah total loss only (TLO). Artinya, akan menjamin kerugian kendaraan bermotor bila mengalami kecelakaan dengan biaya perbaikan melebihi 75 persen dari nilai pasar atau kendaraan hilang karena pencurian.

Untuk jaminan tambahan, juga ditawarkan perlindungan dari beberapa risiko lain, seperti huru-hara, kerusuhan, terorisme, sabotase, banjir, angin topan, gempa bumi, dan tsunami. Produk ini juga menawarkan jaminan tambahan berupa tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga, kecelakaan diri pengemudi, dan kecelakaan diri penumpang. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]