Tips Mengendalikan Psikosomatis Pada Lansia

Tips Mengendalikan Psikosomatis Pada Lansia

Penyakit Psikosomatis pada dasarnya berasal dari perasaan stres dan emosional dan bermanifestasi dalam tubuh sebagai rasa sakit fisik dan gejala lainnya.

Contohnya, ketika kita stres, kita akan mengalami Psikosomatis akhirnya kita bingung dan seperti merasa sesak. Padahal mungkin sesak itu karena cemas.

Untuk itu, berikut tips mengendalikan Psikosomatis Pada Lansia di tengah pandemi Covid19:

1 Tidak perlu menangkal perasaan cemas

Menangkal perasaan cemas tidak membantu mengelola stres, mengingat cemas bersifat alami dan hal yang wajar. Kecemasan membantu untuk bersiap dan merasa lebih aman, namun jangan berlebihan.

2 Jangan hanya fokus pada berita negatif

Pastikan lansia mendapat informasi positif tentang Covid19, dan beritahu lansia tentang pengalaman orang-orang yang pulih.

3 Batasi koneksi dengan media sosial

Baiknya lansia hanya menerima informasi dari Kementrian kesehatan, WHO, Ahli epidemiologi kesehatan masyarakat yang terpercaya. Hati-hati akan berita hoax yang tidak jelas sumbernya.

4 Tetap aktif bergerak

Olahraga yoga dasar, dapat menenangkan pikiranansia. Lakukan senam ringan atau jalan-jalan di pekarangan rumah untuk menjaga fisik dan mental lasia.

5 Makan makanan bergizi dan tidur teratur

Jaga pola makan dengan nutrisi yang seimbang dan istirahat yang cukup setiap harinya.

6 Tetap rileks walaupun di rumah

Luangkan waktu untuk bersantai untuk menenangkan diri sambil mendengarkan musik atau lain-lain.

7 Lakukan kegiatan menyenangkan

Bayak hal yang bisa dilakukan lansia untuk menyenangkan diri sendiri, melalui kegiatan-kegiatan seperti membaca, melukis, bermain catur, menyulam, bernyanyi dan lain-lain.

8 Tetap berhubungan dengan keluarga dan teman

Komunikasi dengan keluarga maupun teman masih bisa dilakukan di dalam rumah dengan memanfaatkan teknologi, seperti handphone maupun latop. (*)

Related Posts

News Update

Top News