Tips Investasi Mudah Dari Mandiri Manajemen Investasi

Tips Investasi Mudah Dari Mandiri Manajemen Investasi

Jakarta – Berinvestasi adalah salah satu cara bagi setiap individu untuk meningkatkan asetnya. Dengan berinvestasi, masyarakat berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari dana atau aset yang tidak sedang digunakan.

Direktur Sales dan Produk Mandiri Manajemen Investasi Endang Astharanti mengungkapkan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memulai investasi. Langkah pertama adalah menentukan tujuan investasi dan kemampuan finansial. Dengan tujuan yang jelas, keuntungan pun dapat diperkirakan dengan jelas.

Langkah kedua adalah memilih produk investasi yang tepat. Saat ini, secara aset produk investasi dapat dibagi 3, yaitu Saham, Obligasi, dan Pasar Uang. Ada pula bentuk investasi lain seperti emas dan properti. Masing-masing intrumen investasi memiliki fluktuasi harga dan keuntungan yang berbeda beda.

Kemudian, langkah ketiga adalah dengan melakukan diversifikasi aset. Endang menyarankan agar tak hanya memilih salah satu produk investasi saja. Ia menyarankan untuk memilih beberapa produk investasi untuk memanfaatkan keuntungan dari produk yang berbeda.

“Diversifikasi aset sangat penting untuk mengatasi perubahan return. Sebaiknya, kita harus agile dan adaptif. Jangan terlalu fokus pada salah satu instrumen saja,” kata Endang via diskusi virtual, Rabu, 25 November 2020.

Lebih jauh, Endang menjelaskan bahwa tidak ada rumus atau formula tentang besaran jumlah investasi yang ideal. Ia menyebut setiap individu memiliki kebutuhan dan kemampuan finansial yang berbeda-beda. Untuk itu, ia menyarankan untuk memulai berinvestasi dengan mempertimbangkan kebutuhan finansial masing-masing. (*) Evan Yulan Philaret

Related Posts

News Update

Top News