Tips Agar Tubuh Tak Melebar Setelah Lebaran

Tips Agar Tubuh Tak Melebar Setelah Lebaran

Tips Olahraga di Rumah Untuk Mengisi Waktu Dimasa Pandemi
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Idulfitri menjadi momen perayaan umat muslim setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Di hari kemenangan inilah umat muslim biasanya memanfaatkan momen tersebut sebagai kesempatan bersilaturahmi, berkumpul bersama sanak saudara sambil menikmati berbagai hidangan khas hari raya.

Namun, sering kali setelah berpesta orang-orang mengeluhkan berat badan yang naik tiba-tiba. Rendang, opor, dan berbagai kue kering memang sangat menggoda hingga kalap dikonsumsi dengan lahap. Lalu, bagaimana caranya agar tubuh kembali sehat dan prima setelah digempur macam-macam panganan berlemak dan penuh karbohidrat? Beberapa tips berikut ini bisa dicoba agar kondisi tubuh kembali seperti semula.

1. Konsumsi air putih yang cukup

Air putih dapat membantu proses detoks dari berbagai makanan tak sehat yang telah masuk ke dalam tubuh. Selain itu, minum air putih minimal dua liter sehari juga dapat mencegah dehidrasi dan membantu proses pencernaan berjalan baik.

2. Hindari makanan berminyak, berlemak, dan gula

Setelah puas  mengonsumsi makanan khas lebaran yang sarat kolesterol dan tinggi gula ada baiknya menghentikan konsumsi makanan berminyak, berlemak, dan manis lalu menggantinya dengan mengonsumsi buah, sayuran, dan makanan tanpa olahan agar kesehatan tubuh kembali seimbang.

3. Diet rendah karbo

Karbohidrat ekstra yang disimpan dalam tubuh dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Maka, agar tubuh kembali proporsional seperti semula dapat dilakukan diet rendah karbo dengan mengonsumsi kalori sebanyak yang dibutuhkan tubuh, namun mengurangi jumlah konsumsi karbohidrat dan memperbanyak konsumsi serat serta protein.

4. Minum teh hijau

Selain air putih, teh hijau juga bisa digunakan sebagai alternatif minuman detoks. Kandungan alami dalam teh hijau mampu mempercepat metabolisme tubuh sehingga menghambat penyerapan lemak dan meregulasi glukosa.

5. Tidur yang cukup

Ketika tidur tubuh mendetoksifikasi dan membuang racun yang ada pada tubuh dengan sendirinya. Hal inilah yang akan meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga mempercepat proses penurunan berat badan. Setiap orang rata-rata memerlukan 7-8 jam waktu tidur untuk menjaga kebugaran tubuh.

6. Rutin olahraga

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa olahraga merupakan kunci kesehatan tubuh. Rutin berolahraga bukan hanya bisa menurunkan berat badan namun juga menaikkan suasana hati secara keseluruhan. Alangkah baiknya menyisihkan waktu untuk berolahraga selama 30 menit setiap harinya. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]