Tips Agar Klaim Asuransi Banjir Tidak Ditolak

Tips Agar Klaim Asuransi Banjir Tidak Ditolak

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta– Menghadapi musim penghujan, banjir menjadi salah satu momok bagi masyarakat Indonesia. Namun dengan berbagai produk asuransi kendaraan yang ditawarkan perusahaan asuransi, masyarakat dapat memitigasi risiko kerugian akibat banjir. Sayangnya, banyak klaim asuransi yang ditolak karena umumnya pelanggan tidak cermat dalam membaca ketentuan polisnya.

Untuk itu, Basukarno Harji Saputro, Claim Retail Departement Head Adira Insurance memberikan beberapa tips bagi pelanggan asuransi kendaraan Adira Insurance agar klaimnya diproses (tidak ditolak), diantaranya yaitu, Satu, jangan memaksakan kendaraannya untuk melewati banjir atau genangan air yang dalam dengan sengaja.

Dua, jangan mencoba menyalakan atau melakukan starter kendaraannya dalam keadaan terendam banjir.

Tiga, jangan mencoba menyalakan atau melakukan starter kendaraannya dalam keadaan kendaraan sehabis terendam banjir walaupun airnya sudah kering.

Empat, melapor ke asuransi dalam jangka waktu paling lambat lima hari setelah kejadian.

“Hal-hal tersebut terdapat dalam pasal pengecualian polis yang berlaku di Indonesia bahwa kasus tersebut tidak akan dijamin kerugian dan kerusakannya karena disebabkan oleh tindakan yang disengaja oleh tertanggung atau pengemudi dan dikemudikan secara paksa walaupun secara teknis kondisi dalam keadaan rusak atau tidak layak jalan,” ujar Basukarno dalam keterangannya di Jakarta, Senin 15 Februari 2016.

Basukarno menambahkan, jika para Pelanggan terjebak banjir, segera matikan mesin mobil dan cabut baterai aki mobil agar kerusakan pada mesin tidak semakin parah.

Sementara untuk penanganan perbaikan kendaraan, setiap musim penghujan, Adira Insurance juga telah berkoordinasi dengan bengkel rekanan terkait prosedur penanganan dan perbaikan kendaraan yang terkena banjir dengan baik dan memudahkan Pelanggan.

Khusus untuk melakukan klaim, Adira Insurance memiliki Autocillin Mobile Claim Application dimana pelanggan dapat melakukan klaim dengan melakukan upload foto kerusakan kendaraan dan mengirimkan laporannya kerusakan mobilnya melalui aplikasi tersebut dimana saja dan kapan saja. Selain itu, Adira Insurance juga memberikan Autocillin Mobile Service, fasilitas klaim mobil keliling berbentuk VW Combi yang tersedia di pusat-pusat perbelanjaan yang tersebar di Jabodetabek. (*) Ria Martati

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]