Tingkatkan Literasi Digital UMKM, Grab Manfaatkan Teknologi AI

Tingkatkan Literasi Digital UMKM, Grab Manfaatkan Teknologi AI

Tingkatkan Literasi Digital UMKM, Grab Manfaatkan Teknologi AI
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Perusahaan teknologi Grab, turut berkontribusi dalam meningkatkan literasi digital pada UMKM. Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia mengungkapkan salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan Artificial Intellegence (AI) untuk membantu para pelaku bisnis, terutama UMKM.

Ia menyebut Grab saat ini memiliki aplikasi Merchant Grab yang sudah memanfaatkan AI. Dengan ini, para mitra bisa mengatur seluruh aspek bisnis secara digital.

“AInya dimana? Mereka mendapatkan analisa data mengenai performa penjualan sebagai bahan untuk merancang strategi bisnis. Para merchant yang bergabung dalam grab bisa memanfaatkan AI, untuk memantau misalnya siapa saja yang datang ke merchantnya, jam berapa saja, makanan apa yang paling disukai. Ini bisa meningkatkan merchant untuk lebih fokus dan lebih berkembang lagi,” jelas Neneng pada paparan virtualnya, Selasa, (08/03/2022).

Selain aplikasi yang mempermudah penjualan, Grab juga memberikan akses pelatihan online kepada mitranya. Perusahan bekerja sama dengan Microsoft untuk menghadirkan materi pelatihan digital seperti materi literasi keuangan dan digital marketing.

“Ini sangat penting karena mereka onboarding di satu platform, itu hanya tahap awal. Tetapi mengerti bagaimana menjalankan bisnis di platform online itu adalah suatu hal yang harus dipelajari,” jelas Neneng.

Harapannya dengan berbagai upaya yang dilakukan para pelaku UMKM bisa semakin digital. Dengan demikian, ekosistem ekonomi digital di Indonesia bisa semakin berkembang dan meluas. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]