Tingkatkan Layanan, Pelindo III Gandeng Tiga Bank BUMN

Tingkatkan Layanan, Pelindo III Gandeng Tiga Bank BUMN

Jakarta  – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo III menggandeng BNI, Bank Mandiri, dan BRI untuk meningkatkan kualitas layanan kepelabuhanan. Ketiga bank BUMN tersebut akan menyediakan layanan perbankan untuk memudahkan transaksi keuangan Pelindo III.

Direktur Keuangan Pelindo III, U. Saefudin Noer mengatakan bahwa sinergi ini merupakan wujud nyata dukungan BUMN dalam mendorong peningkatan perekonomian nasional. Menurutnya penggunaan layanan perbankan dalam transaksi kepelabuhanan akan mempermudah proses bisnis di Pelindo III. “Layanan ini tentunya akan meningkatkan produktivitas di pelabuhan, semakin mudah dan cepat proses transaksi keuangan semakin cepat pula
proses bisnis di lapangan,” katanya.

Peningkatan produktivitas pelabuhan akan memberikan dampak positif dalam menekan biaya logistik nasional. Semakin cepat layanan yang diberikan oleh Pelindo III kepada pengguna jasa kepelabuhan, semakin efisien pula biaya yang harus dibayarkan oleh pengguna jasa.

“Pengguna jasa Pelindo III kebanyakan adalah perusahaan pelayaran, kapal ini menghasilkan uang dengan berlayar. Semakin lama di pelabuhan semakin besar biaya yang dikeluarkan, ini akan  erdampak pada harga barang,” lanjutnya.

Direktur Bisnis Korporasi BNI, Herry Sidharta menyatakan bahwa BNI, Bank Mandiri, dan BRI akan mendukung dan mengembangkan sistem layanan perbankan untuk Pelindo III. Layanan perbankan tersebut dapat mendukung Pelindo III dalam meningkatkan efisiensi sekaligus mendorong pengembangan bisnis Pelindo III.

“Pelabuhan merupakan salah satu infrastruktur utama dalam mendorong perekonomian  nasional.  Pergerakan barang terjadi disini, baik perdagangan domestik maupun internasional,” jelasnya.

Sementara itu Direktur Digital Banking and Technology Bank Mandiri, Rico Usthavia Frans menambahkan, dukungan ketiga bank BUMN kepada Pelindo III meliputi lending facility, trade finance, tresury line facility, liquidity management, dan beberapa layanan lainnya. “Pelindo III merupakan BUMN yang besar dan saat ini sektor maritim juga tengah menjadi perhatian pemerintah,” terangnya.

Dukungan BNI, Bank Mandiri, dan BRI juga diwujudkan dalam pemenuhan kebutuhan finansial Pelindo III.  Pada bulan Juni lalu, ketiga bank tersebut memberikan Kredit Sindikasi kepada Pelindo III senilai Rp 4,5 triliun.(*)

Related Posts

News Update

Top News