Tiga Langkah Pendekatan Agar UMKM Naik Kelas

Tiga Langkah Pendekatan Agar UMKM Naik Kelas

Tiga Langkah Pendekatan Agar UMKM Naik Kelas
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Sebagai sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia, sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) harus terus dibina dan dikembangkan. Direktur Riset CORE Indonesia, Piter Abdullah mengatakan, ada 3 langkah pendekatan yang bisa dilakukan lembaga pengembang usaha mikro dan perbankan untuk mendukung UMKM agar naik kelas.

“Pertama, dengan karateristik UMKM yang tidak bankable walaupun feasible (layak), bisa diatasi dengan upaya memberikan pelatihan dan pendampingan,” jelas Piter dalam diskusi Mikro Forum Syariah bertema ‘Penguatan UMKM Sebagai Pengungkit Kebangkitan Ekonomi’ di Jakarta, Jumat, 16 Juli 2021.

Kemudian, langkah kedua adalah dengan melakukan pendekatan kelompok. Risiko penyaluran bantuan modal, kredit, atau pun pembiayaan akan semakin kecil jika ada lebih banyak orang yang berkomitmen untuk menanggungnya. Jika ada yang tidak mampu membayar, anggota kelompok lain akan mampu menanggung beban risiko tersebut.

Terakhir, langkah terakhir adalah dengan memberikan bantuan penjaminan dari pemerintah. Tujuannya agar pembiayaan di usaha mikro dan kecil bisa berjalan lancar. Menurut Piter, lembaga pemerintahan seperti Jamkrindo bisa membantu UMKM untuk memberikan jaminan pembiayaan.

“Pendekatan-pendekatan ini sudah terbukti membantu dalam pengembangan usaha-usaha mikro dan kecil,” ujar Piter (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]