Moneter dan Fiskal

Tiga Kali Alami Krisis, Sri Mulyani: Indonesia Selalu Selamat dan Bangkit

Jakarta – Sejak zaman kemerdekaan, Indonesia pernah mengalami sebanyak tiga kali krisis baik politik, ekonomi dan pangan. Menariknya, dari ketiga krisis tersebut, pemerintah mampu bangkit dan mengatasi kesulitas tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, Indonesia menjadi sedikit negara yang mampu bangkit dan belajar dari berbagai krisis tersebut. Yakni, krisis pada tahun 1988, krisis ekonomi global tahun 2009-2010 dan krisis pandemi Covid-19.

“Pada krisis moneter tahun 1988 itu sangat shock sekali. Di mana, biaya dari shock itu ialah dana talangan (bailout) menjadi yang paling mahal di dunia,” katanya, dalam sebuah webinar bertema ‘The Long and Winding Road’ di Jakarta, Kamis, 20 Juli 2023.

Baca juga: Resesi Ekonomi Terjadi di Sejumlah Negara, Bagaiamana Nasib Indonesia?

Diketahui, krisis moneter 1998 sendiri dipicu oleh Krisis Keuangan Asia. Awalnya bermula di Thailand yang meninggalkan kebijakan nilai tukar tetapnya (fixed exchange rate) terhadap dolar AS pada Juli 1997.

Akibatnya, banyak perusahaan menjadi gagal bayar lantaran nilai mata uang melemah. Krisis ini pun menyebar ke negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia. 

Di Tanah Air, krisis tersebut menjatuhkan nilai tukar rupiah dari Rp2.500 menjadi Rp16.900 per dolar AS. Bahkan, Krisis juga menjalar ke ranah poitik hingga sosial hingga menjatuhkan kepemimpinan Presiden Soeharto yang sudah berlangsung 32 tahun.

Lanjut Sri Mulyani, pada krisis ekonomi global tahun 2008-2009, Indonesia melakukan pelbagai langkah dalam menciptakan stabilitas nasional di sektor keuangan dan non keuangan.

“Pada krisis global tahun 2008-2009, Indonesia jadi belajar dalam menyempurnakan regulasi di industri perbankan, dana pensiun dan lembaga keuangan bukan bank,” jelasnya.

Baca juga: BI Dukung Premi Restrukturisasi Perbankan untuk Hadapi Krisis

Adapun pada krisis pandemi Covid-19, Sri Mulyani kembali mengatakan, pemerintah bisa bangkit dari ‘keterpurukan’ global. Dari sisi perekonomian di Tanah Air, ekonomi Indonesia bisa tumbuh diatas 5 persen dalam enam kuartal beruntun.

Hal tersebut kata dia tak terlepas dari berbagai langkah konkret seperti memperbesar deficit anggaran. Di mana, defisit anggaran negara berada di atas 3 persen saat ini sudah turun di angka 2,38 persen.

“Banyak anggota G20 yang senang mendengar berita ini di mana, Indonesia bisa mengatasi situasi pandemi dengan baik,” pungkasnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

6 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

7 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

20 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

21 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

21 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

21 hours ago