Tiga Isu Prioritas Ekonomi Digital G20 Kemkominfo

Tiga Isu Prioritas Ekonomi Digital G20 Kemkominfo

Isu prioritas ekonomi
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Tema pengembangan ekonomi digital menjadi salah satu isu  prioritas Ekonomi pada Presidensi G20 Indonesia. Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Digital Economy Working Group (DEWG) G20 berencana akan membahas tiga isu prioritas mengenai digitalisasi dan ekonomi digital.

Chair Digital Economy Working Group G20, Mira Tayyiba mengungkapkan, isu prioritas ekonomi pertama yang dibahas adalah mengenai konektivitas digital dan pemulihan pasca pandemi Covid-19.

“Konektivitas digital bukan hanya soal ketersediaan jaringan, tetapi juga bagaimana menciptakan ruang digital yang aman, sehat, produktif. Di hulu, kita membicarakan bagaimana agar tercipta fair playing field bagi penyelenggara, dan kami juga membicarakan resilience infrastruktur,” jelas Mira pada paparannya, Jumat, 4 Maret 2022.

Baca juga : Pemerintah Perkuat Hubungan Ekonomi Dengan Eropa Untuk Dukung Pemulihan

Kedua, kecakapan digital dan literasi digital. Mira mengungkapkan masyarakat global memerlukan peningkatan literasi ditengah tingginya pemanfaatan kanal digital. Tujuannya agar digitalisasi bisa benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh semua orang.

Lalu, isu ketiga adalah arus data lintas negara. Dengan banyaknya data yang ada, Mira menjelaskan, penggunaan data secara efektif perlu diregulasi sehingga tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Diskusi DEWG nantinya bakal digelar dalam beberapa tahap. Mulai dari Maret hingga November 2022, diskusi akan digelar di 5 kota Indonesia dan akan membicarakan ketiga isu tersebut. Harapannya melalui diskusi ini akan tercapai kesepakatan global mengenai ruang digital yang lebih baik dan aman. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]