Ekonomi dan Bisnis

Tiga Fokus Utama BI Perkuat Ekonomi dan Keuangan Syariah

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menilai perlu meningkatkan sinergi dalam memperkuat ekonomi dan keuangan syariah, sehingga dapat mendorong dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional terutama pulau Jawa.

Untuk itu, kata Perry, Bank Indonesia tengah fokus pada tiga hal dalam mendorong ekonomi dan keuangan syariah di pulau Jawa.

“Pertama, yaitu menjadikan rempah-rempah go global. 11% dari supply rempah-rempah dunia adalah dari nusantara 30.000 jenis rempah-rempah dunia dari nusantara yang dibawa para pedangang-pedagang Indonesia ke Hujarat, Timur Tengah dan Eropa,” ujar Perry dalam Festival Ekonomi Syariah, Kamis, 8 Agustus 2022.

Kedua, mendigitalisasi ekonomi syariah lewat pemanfaatan BI Fast, QRIS dan QR Antarnegara yang sudah mulai di implementasikan.

“20,5 juta UMKM di Indonesia sudah tersambungkan QRIS dan BI Fast, mari kita terus digitalkan pondok-pondok pesantren, ekonomi keuangan syariah di jawa, jawa timur dan kemudian kita sambungkan ke dunia,” tambahnya.

Lanjutnya, QRIS Indonesia sudah tersambung dengan Thailand dan sebentar lagi akan tersambung ke Malaysia, serta tahun depan akan tersambung di Singapura dan Filipina.

“Inilah yang dilakukan dunia sekarang dan kedepan. Kita tidak pernah membayangkan bahwa pondok pesantren sekarang sudah menjadi modern, bukan hanya pusat pengembangan ekonomi keuangan syariah, tapi juga pusat-pusat pengembangan digital ke depan,” jelas Perry.

Ketiga, dengan bersinergi lewat Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP). Hal ini dilakukan agar ketahanan pangan dapat dikembangakan, sehingga masyarakat akan sejahtera.

“Gerakan untuk menanam pertanian, gerakan untuk operasi pasar, gerakan untuk one village one product. karena Jawa Timur adalah pusat ketahanan pangan, untuk menjadi pusat ketahanan pangan tidak hanya di Jawa Timur tidak hanya di Jawa, tapi juga untuk wilayah Indonesia karena inilah pusat distribusi secara nasional untuk kawasan Timur Indonesia,” ungkapnya. (*) Irawati

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Ada Tiga Nama Beredar yang Akan Duduk Jadi Wamen BUMN, Siapa Saja?

Jakarta - Erick Thohir, disebut-sebut akan menduduki pos Menteri BUMN yang periode sebelumnya juga memegang… Read More

44 mins ago

Inilah Bocoran Susunan Kabinet Prabowo-Gibran, Erick Thohir dan Sjafrie Sjamsoeddin Jadi Menteri Apa?

Jakarta – Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden… Read More

2 hours ago

Warga Sambut Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka

Antusiasme warga menyambut Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Wapres Gibran Rakabuming Raka yang melewati… Read More

4 hours ago

Ini Pidato Lengkap 53 Menit Prabowo Subianto usai Dilantik jadi Presiden RI Periode 2024-2029

Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto menyampaikan pidato perdana setelah resmi ditetapkan sebagai Presiden Republik… Read More

5 hours ago

Resmi Dilantik, Presiden Prabowo Soroti Kebocoran Dana dan Kolusi Pejabat dengan Pengusaha Nakal

Jakarta – Prabowo Subianto menyampaikan pidato perdananya usai dilantik menjadi Presiden RI, di Gedung Nusantara,… Read More

5 hours ago

Prabowo di Pelantikan: RI Dukung Palestina, “We Want to Be a Good Neighbor!”

Jakarta - Prabowo Subianto menyampaikan pidato penting dalam acara pelantikannya sebagai Presiden RI di Gedung… Read More

5 hours ago