Tiga Faktor Ini Pengaruhi Keikutsertaan Pelaku Usaha Dalam Insentif Pajak

Tiga Faktor Ini Pengaruhi Keikutsertaan Pelaku Usaha Dalam Insentif Pajak

Tiga Faktor Ini Pengaruhi Keikutsertaan Pelaku Usaha Dalam Insentif Pajak
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Pemerintah telah mengucurkan berbagai insentif perpajakan demi menjaga pertumbuhan ekonomi nasional. Meskipun demikian, ternyata belum semua pelaku usaha memanfaatkan insentif-insentif yang diberikan oleh pemerintah.

Menanggapi hal ini, Arifin Rosyid bersama dua koleganya, Galih Ardin dan Tri Bayu Sanjaya dari Direktorat Jenderal Pajak membuat penelitian tentang keikutsertaan pelaku usaha dalam pemanfaatan insentif pajak. Hasilnya, ada tiga faktor utama yang mempengaruhi pelaku usaha dalam menggunakan insentif perpajakan.

“Terdapat tiga faktor yang berpengaruh terhadap keikutsertaan pelaku usaha. Pertama adalah jumlah pekerja, kedua adalah omzet tahunan, dan ketiga adalah pangsa pasar utama,” jelas Galih Ardin pada pemaparan virtualnya, Selasa, 31 Agustus 2021.

Galih menambahkan, semakin besar jumlah pekerja dan omzet yang dimiliki pelaku usaha akan meningkatkan kecenderungan untuk ikut serta dalam pemanfaatan program insentif pemerintah. Selain itu, pelaku usaha yang memiliki pangsa pasar ekspor juga memiliki kecenderungan tinggi untuk memanfaatkan insentif perpajakan

Hasil penelitian ini juga konsisten dengan responden yang tersebar di 6 pulau Indonesia. Pemateri memaparkan ada 12.361 responden yang diteliti dengan 70% nya atau 8.681 pelaku usaha berada di pulau Jawa.

Lebih jauh, pemateri menyarankan hasil analisis ini bisa membantu pengambilan keputusan regulator yang berbasis data. Selain itu, pemerintah juga bisa membuat segmentasi kelompok usaha lebih jauh lagi, sehingga penyaluran insentif akan semakin tepat sasaran. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]