Headline

Tiga Bulan, Premi Industri Asuransi Umum Cuma Naik 4%

Jakarta–Premi industri asosiasi umum di Indonesia hanya tumbuh empat persen di sepanjang tiga bulan pertama di 2016. Di kuartal pertama tahun 2016, mereka mengumpulkan premi Rp14,52 triliun.

Perolehan premi industri asuransi umum ini, menurut data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia AAUI, melambat dibandingkan dengan pertumbuhan premi kuartal pertama tahun 2015 lalu yang mampu tumbuh 10 persen. Di kuartal pertama tahun 2015, AAUI mencatat raihan premi industri asuransi umum sebesar Rp13,96 triliun.

“Kita masih dapat tumbuh meski dalam keadaan ekonomi sulit,” sebut Direktur Eksekutif AAUI Julian Noor dalam konferensi pers, Kamis, 26 Mei 2016.

Julian menyebut, raihan premi di kuartal pertama tahun ini masih menunjukkan kinerja positif didorong oleh adanya belanja pemerintah khususnya di bidang infrastruktur dan pengembangan UMKM. Lini bisnis asuransi umum yang masih menampakkan kinerja maksimal pun didapat dari bisnis terkait.

AAUI mencatat, selama tiga bulan pertama ini, lini usaha property menyumbang premi Rp4,18 triliun sementara kendaraan bermotor Rp4,10 triliun. Penyumbang lini bisnis premi besar di kuartal pertama Rp1,48 triliun dan marine cargo Rp915,57 triliun.

Meski di kuartal pertama tumbuh minim empat persen, Julian yakin bisnis asuransi umum masih bisa tumbuh 15-20 persen. Syaratnya, pemerintah tidak melakukan koreksi atas target pertumbuhan ekonomi yang berada di sekitar 5,3-5,5 persen.

“Dasarnya adalah government spending dan juga konsumsi masyarakat. Di akhir-akhir tahun nanti biasanya akan lebih besar pertumbuhannya dibandingkan dengan kuartal satu,” tandasnya. (*) Gina Maftuhah

 

 

Editor: Paulus Yoga

Paulus Yoga

Recent Posts

KB Bank Terbitkan Obligasi Global Perdana 300 Juta Dolar AS

Jakarta – PT Bank KB Bukopin Tbk atau KB Bank (BBKP) telah resmi menyelesaikan penentuan harga… Read More

12 mins ago

Bank BJB Gelar Kejuaraan Nasional Baseball Softball Salman Al Farisi III

Jakarta - Bank BJB berkomitmen terhadap pengembangan olahraga di kalangan generasi muda agar mendorong lahirnya… Read More

51 mins ago

Melesat 129,1 Persen, Laba Bersih Sunindo Pratama jadi Segini di Kuartal III 2024

Jakarta - PT Sunindo Pratama Tbk (SUNI) kembali melanjutkan tren positif di kuartal III 2024… Read More

1 hour ago

DPR Optimistis Target Ekonomi 8 Persen Bisa Terealisasi

Jakarta – Pimpinan Komisi XI DPR RI optimis target pertumbuhan ekonomi 8 persen yang dicanangkan Presiden… Read More

2 hours ago

Aplikasi GoPay Kini Hadirkan Produk Asuransi Kesehatan, Ini Kelebihannya

Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) yang menaungi GoPay sebagai unit bisnis Financial… Read More

2 hours ago

365 Saham Merah, IHSG Ditutup Turun ke Level 7.634

Jakarta - Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada hari ini, Senin, 28 Oktober 2024, kembali… Read More

2 hours ago