Perbankan

Tidak Benar PPA Akan Lego Saham KB Bukopin ke Kookmin Bank

Jakarta – Kabar yang beredar di publik tentang Perusahaan Pengelola Aset (PPA) yang dikabarkan akan melego 1,53% saham PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) kepada KB Kookmin Bank, tidak benar. Hal tersebut disampaikan sumber Infobanknews di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

PPA adalah perusahaan BUMN yang bernaung di bawah payung Danareksa, perusahaan yang fokus menyediakan jasa pengelolaan BUMN lain untuk tujuan tertentu, misalnya untuk restrukturisasi, revitalisasi, atau divestasi.

Sebagai pemegang saham, PPA memiliki kesempatan untuk membeli saham atau efek ekuitas lain yang diterbitkan perusahaan sebelum ke perusahaan lain atau HMETD. “Saat ini PPA memiliki 1,53% setelah HEMTD, dari sebelumnya 3,18%,” ujar sumber tersebut kepada Infobanknews.

Sementara saat dikonfirmasi dari pihak Bank KB Bukopin mengaku bahwa hingga saat ini belum ada info terkait dengan beredarnya informasi mengenai PT PPA yang dikabarkan akan melego 1,53% saham Bank KB Bukopin kepada KB Kookmin Bank.

“Sampai saat ini blm ada info terkait hal tersebut,” ungkap Corporate Secretary Bank KB Bukopin, Slamet H Pradhana,” melalui pesan singkatnya kepada Infobanknews.

KB Kookmin Bank sendiri merupakan raksasa keuangan dari Korea Selatan yang sejak 2020 menjadi pemegang saham pengendali Bank Bukopin dengan kepemilikan saat ini sebesar 67,00% dari total saham, sementara sisanya yakni 33,00% dimiliki oleh publik.

KB Kookmin Bank berkomitmen untuk terus memperkuat permodalan Bank KB Bukopin Tbk. Adapun modal inti KB Bukopin secara konsolidasi per Juni 2022 mencapai Rp 6,11 triliun, dengan posisi capital adequacy ratio (CAR) sebesar 18,83%. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

OJK Restui Rencana Spin Off Unit Usaha Syariah Asuransi BRI Life

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyetujui rencana pemisahan atau spin off Unit Syariah Asuransi… Read More

18 mins ago

Malam Ini Tarif Tol Jakarta-Tangerang Naik, Cek Rinciannya di Sini!

Jakarta – Mulai Sabtu, 19 Oktober 2024, pukul 00.00 WIB, tarif tol Jakarta-Tangerang yang dikelola… Read More

20 mins ago

Sri Mulyani Bawa Kabar Buruk: Ketidakpastian Global Kembali Meningkat

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan memasuki akhir 2024 risiko ketidakpastian pasar keuangan global kembali… Read More

51 mins ago

Berikan Fleksibelitas Pembiayaan, Proyek Joint Venture Astra Land Indonesia dan Sinar Mas Land Gandeng 10 Bank Besar

Jakarta - PT Ruby Karya Sejahtera, perusahaan joint venture antara Astra Land Indonesia (ALI) dan… Read More

1 hour ago

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Tumbuh 5,1 Persen di Akhir 2024

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan pertumbuhan ekonomi RI mencapai 5,1 persen secara… Read More

1 hour ago

KSSK: Stabilitas Sistem Keuangan RI Masih Terjaga di Triwulan III 2024

Jakarta – Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyatakan bahwa sistem keuangan Indonesia tetap terjaga hingga triwulan III… Read More

2 hours ago