Internasional

Ternyata Ini Rahasia Konstruksi Bangunan di Jepang Bisa Tahan Gempa

Jakarta – Jepang baru saja dihantam dengan gempa berkekuatan 7,6 magnitudo pada Senin (1/1), sekitar pukul 16.00 waktu setempat. Akibatnya, sejumlah gedung, bangunan rumah dan jalan raya hancur.

Menariknya, tidak semua bangunan rumah penduduk hancur. Seperti yang terlihat dari akun X @SaudiNewsFR, dikutip Selasa (2/1).

Dalam video amatir berdurasi 13 detik tersebut, terlihat jalanan di kawasan Uchinada, Ishikawa retak dan terangkat. Namun, sejumlah bangunan masih berdiri tegak.

Jika ditilik lebih jauh, kokohnya rumah-rumah tersebut bukan tanpa alasan. Seperti diketahui, Jepang  sendiri terletak di wilayah yang aktif secara seismik dan rawan gempa bumi. 

Tangkapan layar video kondisi bangunan di Jepang saat terjadi gempa dari akun @SaudiNewsFR.

Menukil dari laman housingjapan.com, 2 Januari 2024, negara Matahari Terbit ini telah mengembangkan peraturan bangunan yang kuat yang mengharuskan semua kontruksi bangunan dibangun tahan terhadap gempa bumi. 

Baca juga: UMR Jepang 2023 Mau Naik Lagi, Bagaimana dengan Negara Maju Lainnya?

Hal ini menghasilkan pembangunan beberapa bangunan paling tahan gempa di dunia. Termasuk juga untuk gedung-gedung pecakar langit di Jepang.

Di mana, peraturan bangunan Jepang mempertimbangkan berbagai faktor seperti jenis tanah, kedalaman fondasi bangunan, dan ketinggian bangunan. 

Hal ini juga mengharuskan bangunan memiliki struktur fleksibel yang dapat bergerak bersama tanah saat terjadi gempa, serta sistem peredam untuk meredam guncangan gempa.

Salah satu fitur teknologi utama bangunan Jepang adalah penggunaan bantalan isolasi seismik. Bantalan ini memungkinkan bangunan bergerak secara horizontal saat terjadi gempa, sehingga mengurangi tekanan pada struktur dan meminimalkan kerusakan. 

Selain itu, banyak bangunan di Jepang memiliki kerangka beton bertulang, yang memberikan stabilitas tambahan dan perlindungan terhadap keruntuhan.

Aspek penting lainnya dari bangunan tahan gempa di Jepang adalah penggunaan teknologi canggih. Bangunan di Jepang sudah dilengkapi dengan sistem peringatan dini yang dapat mendeteksi gempa bumi dan mematikan gas dan listrik secara otomatis untuk mencegah kebakaran. 

Banyak bangunan juga memiliki sistem pemadam kebakaran otomatis dan penerangan darurat untuk menjamin keselamatan penghuninya saat terjadi gempa.

Jepang juga memiliki peraturan bangunan dan sistem inspeksi yang ketat yang memastikan bahwa bangunan dibangun tahan terhadap gempa bumi dan bencana alam lainnya. 

Selain itu, seluruh bangunan di Jepang wajib menjalani pemeriksaan keselamatan rutin setiap 10 tahun sekali untuk memastikan tetap tahan gempa dan aman untuk dihuni. 

Hal ini membantu menjaga integritas struktural bangunan dan juga memberikan ketenangan pikiran bagi penghuni dan pemilik properti.

Terpenting, sistem inspeksi dan peraturan bangunan yang komprehensif ini tidak hanya berlaku untuk konstruksi baru, tetapi juga untuk bangunan lama yang mungkin telah dibangun sebelum peraturan bangunan saat ini diterapkan. 

Oleh karena itu, meskipun suatu bangunan telah berumur beberapa dekade, namun jika telah menjalani pemeriksaan keselamatan dan renovasi yang diperlukan, bangunan tersebut dianggap aman untuk dihuni.

Baca juga: Krisis Tenaga Kerja, Jepang Buka Lowongan Besar-Besaran untuk TKA

Fitur Umum Tahan Gempa pada Bangunan Jepang

Kontruksi bangunan tahan gempa di Jepang/istimewa

Dinukil laman planradar.com, terdapat fitur umum tahan gempa pada bangunan di Jepang. Meski demikian, semuanya tergantung pada lokasi dan tujuan bangunan. 

Di mana, arsitek Jepang dapat memilih di antara banyak fitur bangunan tahan gempa lainnya termasuk:

  • Penggunaan rangka baja pada inti bangunan – berbeda dengan inti beton bertulang yang umum digunakan pada struktur Barat
  • Penggunaan peredam diagonal, balok dan kolom baja dibandingkan kolom beton
  • Pendulum pada inti atau pada atap bangunan
  • Peredam dipasang di antara tingkat bangunan
  • Struktur jaring untuk membantu memperkuat bangunan
  • Sambungan T yang dibuat untuk mematahkan
  • Banyak bangunan baru juga terhubung dengan sistem peringatan dini di negara tersebut, yang memperingatkan penduduk akan adanya gempa yang akan datang
  • Penggunaan pintu lipat yang memberikan lebih banyak cara untuk melarikan diri
  • Lampu tertutup untuk melindungi orang jika bola lampu meledak.

Contoh Bangunan Tahan Gempa Jepang

Semua bangunan di Jepang saat ini harus mematuhi peraturan bangunan tahan gempa yang ketat. Berikut tiga contoh struktur inovatif yang memenuhi standar:

  1. Tokyo Skytree

Sebagai salah satu gedung tertinggi di dunia, menara Tokyo Skytree diyakini benar-benar tahan gempa. Ini menggunakan peredam seismik pada dasar struktur yang terhubung ke pilar tengah yang mampu meredam guncangan gempa.

2. Shinjuku Mitsui Building

Menyerap kekuatan gempa bukan hanya sesuatu yang harus dipikirkan pada bangunan baru. Dalam contoh Gedung Shinjuku Mitsui, juga di Tokyo, beberapa pendulum seberat 300 ton dipasang di atap gedung pencakar langit. 

Di mana, pendulum bergoyang maju mundur saat terjadi gempa sehingga membantu menangkal pergerakan bangunan dari sisi ke sisi. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

CCP Tonggak Baru Peran KPEI di Pasar Uang dan Valuta Asing

Jakarta - PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) secara resmi mulai mengoperasikan Central Counterparty Pasar… Read More

5 hours ago

Masuk Bursa Kabinet Prabowo-Gibran, Airlangga dan Azwar Anas Bilang Begini

Jakarta – Dua menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi isu masuknya mereka ke dalam bursa kabinet… Read More

6 hours ago

BEI Optimistis Short Selling Dorong Peningkatan Likuiditas

Jakarta - Setelah meluncurkan layanan transaksi short selling pada hari ini (3/10), PT Bursa Efek… Read More

6 hours ago

Payroll BSI Masuk dalam Tiga Besar Bank yang Diminati ASN

Jakarta - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) secara konsisten memperkuat dana murah melalui payroll.… Read More

8 hours ago

Pengguna GoPay Tembus 30 Juta Setahun setelah Diluncurkan

Jakarta - GoPay unit bisnis Financial Technology dari PT Goto Gojek Tokopedia (GOTO) mencatat kenaikan… Read More

8 hours ago

Industri Pengemasan Makanan Menggeliat, ALL Pack-ALL Print Indonesia Lakukan Ini

Jakarta – Industri pengemasan makanan atau Food Packaging Industry tengah menggeliat. Laju perkembangan industri ini ditaksir mencapai 6… Read More

8 hours ago