Terminal 3 Saingan Changi Beroperasi Tahun Ini

Terminal 3 Saingan Changi Beroperasi Tahun Ini

Tangerang – Pembangunan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta akan segera rampung tahun ini. Menurut Menteri BUMN, Rini Soemarno, Terminal 3 Ultimate ini ditargetkan bisa beroperasi tiga minggu sebelum lebaran tahun ini.

Terminal 3 Ultimate yang diperkirakan bakal menyaingi Bandara Changi Singapura ini, kata Rini, bakal dilakukan uji coba pada bulan Mei 2016. Sehingga, dalam kedepannya, Terminal ini akan lebih memfasilitasi calon penumpang pesawat.

“Saya berharap Mei ini mulai trial run, secara operasional dan ditargetkan bandara yang dibanggakan bangsa kita, suatu hari jadi kebanggaan dunia ini dapat beroperasi tiga minggu sebelum lebaran,” ujarnya, di Tangerang, Rabu, 24 Februari 2016.

Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta ini sengaja dibangun sebagai terminal paling modern di Indonesia. Pada tahap I, terminal ini direncanakan akan mulai beroperasi pada Mei 2016 dan akan beroperasi penuh pada Desember 2016.

Hingga awal tahun, progres pembangunan terminal tersebut sudah mencapai 93,991%. Luas Terminal 3 Ultimate mencapai 331.101 meter persegi yang dapat menampung pergerakan sebanyak 25 juta penumpang pesawat per tahun.

Melalui Terminal 3 Ultimate ini, PT Angkasa Pura (AP II) akan mengubah profil Bandara Internasional Soekarno-Hatta dari bandara tujuan menjadi bandara transit guna melayani penerbangan jarak jauh. (*) Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News