Terbitkan Green Bond Rp5 Triliun, Bank BRI Dukung Prinsip ESG

Terbitkan Green Bond Rp5 Triliun, Bank BRI Dukung Prinsip ESG

Terbitkan Green Bond Rp5 Triliun, Bank BRI Dukung Prinsip ESG
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, (BRI) tegaskan komitmen dalam penerapan Keuangan Berkelanjutan di Indonesia. Bank BRI menerbitkan obligasi berwawasan lingkungan berkelanjutan I, dengan target penghimpunan dana sebesar Rp15 triliun dan jumlah emisi tahap I di 2022 sebanyak-banyaknya Rp5 triliun.

Sektor Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL) akan menjadi sasaran obligasi berwawasan lingkungan BRI.

“Hasil penghimpunan dana tersebut akan digunakan sesuai ketentuan POJK60/2017 tentang Penerbitan dan Persyaratan Efek Bersifat Utang Berwawasan Lingkungan (Green Bond), dengan mengalokasikan paling sedikit 70% untuk kegiatan usaha dan/atau kegiatan lain yang termasuk dalam kriteria Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL) yang baru, sedang berjalan atau telah selesai sesuai dengan Kerangka Kerja Obligasi,” imbuh Sunarso, Direktur Utama BRI, dikutip 23 Juni 2022.

Lanjut Sunarso, komitmen BRI yang tinggi terhadap ESG tersebut dibuktikan dengan meningkatkan jumlah pembiayaan dan proporsi kredit yang disalurkan untuk kegiatan usaha yang berkelanjutan.

Hingga Maret 2022, BRI telah memberikan pembiayaan kepada kegiatan usaha yang berkelanjutan mencapai Rp639,9 triliun atau setara dengan 65,6% dari total pinjaman. Jumlah tersebut meningkat 13,4% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 yang sebesar Rp564,0 Triliun atau dengan proporsi 62,9% dari total pinjaman.

Di samping itu, Bank BRI melihat bahwa pelaku usaha segmen UMKM yang merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia ini memegang peranan penting dalam penerapan prinsip-prinsip ESG.

“Oleh karena itu, menjadi hal yang krusial untuk memberikan edukasi dan meningkatkan awareness kepada para pelaku UMKM untuk memastikan keberlanjutan usaha mereka melalui penerapan prinsip-prinsip ESG,” pungkas Sunarso.

Lebih lanjut, penjamin pelaksana dalam emisi Green Bond tersebut adalah PT BRI Danareksa Sekuritas, PT Bahana Sekuritas, PT BCA Sekuritas, PT BNI Sekuritas, PT Indo Premier Sekuritas dan PT Mandiri Sekuritas.

Berikut adalah perkiraan periode penawaran awal hingga listing di PT Bursa Efek Indonesia:
Tanggal Penawaran Awal : 23 Juni s.d. selambat-lambatnya 1 Juli 2022
Tanggal Pernyataan Efektif : 12 Juli 2022
Tanggal Penawaran Umum : 14-15 Juli 2022
Tanggal penjatahan : 18 Juli 2022
Tanggal pembayaran dari investor : 19 Juli 2022
Tanggal distribusi obligasi : 20 juli 2022
Tanggal Pencatatan : 21 Juli 2022 (*) Irawati

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]