News Update

Terbentuknya BSI Untuk Perkuat Keuangan Syariah Hadapi Krisis

Jakarta – Ekonom UI yang juga Praktisi Perbankan Syariah Tika Arundina memandang, terbentuknya Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai upaya memperkuat industri keuangan syariah di Indonesia.

Tika menjelaskan, penggabungan 3 bank syariah milik BUMN memang tidak bakal merubah market share ekonomi syariah di Indonesia, namun kehadirannya diharapkan bisa memperkuat perbankan syariah menghadapi krisis perekonomian.

“Kita lihat risk profile bahwa kalau kapitalisasinya besar, ketahanan menghadapi krisis juga lebih baik. Harapannya dengan bank besar lebih stabil dan aktivitas banyak yang bisa dilakukan,” kata Tika pada diskusi virtual Indef di Jakarta, Selasa 16 Febuari 2021.

Tak hanya itu, menurutnya dengan cakupan modal yang besar, hadirnya BSI diharapkan semakin menjangkau skala perekonomian nasional yang sangat luas dan menyebar ke seluruh wilayah nusantara. Berbagai produk syariah bisa terus dikembangkan guna menjangkau kebutugan masyarakat.

“Plasma industri bisa digarap disana. Banyak cara bisa dilakukan BSI untuk masuk ke UMKM. Termasuk KUR syariah. Penggabungan ini buat produk beragam dan luas jadi makin kreatif,” tambah Tika.

Sebagai informasi saja, hingga akhir 2020 saja Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pangsa pasar (market share) industri jasa keuangan syariah yang masih relatif kecil, yakni sebesar 9,9%. Dimana terdapat 4 pemain besar bank syariah diantaranya 3 bank milik Himbara (BSI) yang mencakup 46% dari total market share. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Soal Isu Divestasi ANZ dan Keluarga Gunawan, Begini Penjelasan Panin Bank

Jakarta - PT Bank Pan Indonesia Tbk. (PNBN) atau Panin Bank memberi penjelasan terkait isu… Read More

10 mins ago

IHSG Dibuka Melemah 0,36 Persen ke Level 7.476

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9.00 WIB (8/10), Indeks Harga Saham Gabungan… Read More

39 mins ago

IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Ini Sentimen Pendorongnya

Jakarta –  Pilarmas Investindo Sekuritas melihat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal hari ini… Read More

1 hour ago

OJK Beri Izin Usaha Perusahaan Pembiayaan Dana Kini Finance

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) resmi memberikan izin usaha kepada perusahaan pembiayaan atau multifinance… Read More

1 hour ago

Maybank Indonesia Raih The Asian Experience Awards 2024

Head, SME Banking Maybank Indonesia memberikan sambutan saat acara The Asian Experience Awards 2024, di… Read More

11 hours ago

LMAN Buka-bukaan soal Nasib Aset Rumah Dinas DPR

Jakarta - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) mengeklaim siap apabila ditugaskan untuk mengelola rumah dinas… Read More

12 hours ago