Netizen 62

Tenor Kredit Sudah Lunas, Tapi Masih Ditagih Aplikasi Paylater Kredivo

Jakarta – Salah satu pengguna aplikasi kredit online bernama Abdussatar, warga Tasikmalaya, Jawa Barat mengaku masih harus membayar sisa cicilan, meski sudah melunasi pembayaran.

Melansir laman mediakonsumen, Rabu (20/9), berikut kronologis kejadian yang diceritakan korban atas masalah yang dihadapinya.

Assalamualaikum, saya pengguna Kredivo dengan nama akun Abdussatar. Saya ingin menceritakan bahwa pada tanggal 11 Maret 2023, saya melakukan transaksi di Tokopedia, yaitu drone dengan harga Rp2.849.000. Ditambah biaya ongkir, asuransi pengiriman, dan biaya proteksi, jumlah total Rp2.935.600.

Transaksi tersebut bukan untuk keperluan pribadi saya. Saya hanya membantu seseorang yang membutuhkan drone untuk kepentingan kontennya yang belum memiliki modal. 

Saya hanya memberikan bantuan melalui kredit atas nama saya melalui Kredivo, dan saya melakukan pembayaran tersebut dengan Kredivo dengan perjanjian tenor 6 bulan. Setiap bulan, saya membayar sebesar Rp526.582. Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar tanpa ada kendala atau keterlambatan satu kali pun.

Saya melakukan pembayaran melalui aplikasi Bukalapak setiap bulannya. Setelah saya melakukan pembayaran yang keenam, masih ada sisa tagihan sebesar Rp5.359. 

Saya bingung, kenapa masih ada sisa tagihan? Padahal setiap pembayaran setelah memasukkan nomor virtual, otomatis jumlahnya tertera sebesar Rp526.582. Jumlah sisa tersebut sangat kecil, sehingga tidak dapat dibayar melalui aplikasi dan harus pergi ke Indomaret.

Selang satu hari, saya memiliki dana untuk membayar, saya membayarnya dan menggabungkannya dengan tagihan pulsa saya, dengan total Rp57.520. Setelah saya melakukan pembayaran, ternyata tagihan drone tersebut masih muncul untuk yang ke-7 kali.

Saya bingung siapa yang harus membayar, Padahal perjanjian awal saya dengan pemilik dronedan Kredivo adalah selama 6 bulan. Jika tidak dibayar, nama baik saya pasti akan tercoreng di SLIK OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sedangkan pemilik drone mengklaim sudah lunas.

Jika saya harus membayar sendiri, saya merasa sangat merugi dan tidak tahu dari mana harus mendapatkan dana. Bahkan untuk membayar tagihan sejumlah tersebut saja sudah sulit, apalagi untuk kebutuhan sehari-hari dan keluarga.

Dari sini, saya merasa sangat kesulitan dan jika saya harus tetap membayar, saya merasa tidak mampu. Saya mohon kepada pihak Kredivo yang terhormat, untuk dapat memahami situasi ini dan memberikan keringanan kepada konsumen seperti saya.

Abdussatar
Tasikmalaya, Jawa Barat

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

7 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

7 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

7 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

8 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

8 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

10 hours ago