Mengenal Spesifikasi dan Fitur Terbaik iPhone XR

Mengenal Spesifikasi dan Fitur Terbaik iPhone XR

Apple Inc. adalah perusahaan teknologi dengan kantor pusat di Cupertino, California. KIta lebih mengenal perusahaan ini dengan sebutan Apple. Salah satu lini produknya yang sangat terkenal adalah smartphone yang bernama iPhone. Tidak heran, karena Apple tak pernah main-main dengan kualitasnya. Apple selalu menciptakan produk terbaik. Bahkan, selalu ada inovasi di setiap seri iPhone terbarunya. Termasuk salah satunya yakni iPhone XR. Seri iPhone ini mempunyai spesifikasi yang lengkap. Fiturnya juga spesial untuk pengguna. Mari simak ulasan selengkapnya.

Spesifikasi iPhone XR

Mari kita lihat berbagai spesifikasi dari iPhone XR. Berikut spesifikasinya:

Waktu rilis – iPhone XR pertama kali diperkenalkan pada 12 September 2018. Kemudian, smartphone ini dirilis pada 26 Oktober 2018.

Dimensi – iPhone XR hadir dengan rancangan bodi slim berukuran 150,9 x 75,7 x 8,3 mm, dengan berat 194 gram. Kemudian, bagian depan dan belakangnya dilindungi dengan kaca Gorilla Glass. Sementara, tepian bodinya menggunakan aluminum frame. Lalu, untuk kartu SIM, smartphone ini hadir dengan pilihan slot single SIM dan dual SIM. iPhone XR juga berstandar level IP67, yaitu tahan debu dan tahan air, hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Tampilan – Tipe layarnya adalah Liquid Retina IPS LCD. Ukuran layar seluas 6,1 inci dengan rasio layar-ke-bodi 79%. Sementara, resolusi layarnya yaitu 828 x 1792 piksel. Selain itu, ada perlindungan kaca anti-gores, dan lapisan oleophobic

Performa – iPhone XR mendukung sistem operasi iOS 12 yang bisa diperbarui jadi iOS 14.4. Lalu, untuk chipset menggunakan Apple A12 Bionic (7 nm). Kemudian, CPU Hexa-core dan Apple GPU (4-core graphics) siap mendukung performanya.

Memori – Tidak ada slot kartu SD pada smartphone ini. Namun, sudah disematkan memori internal dan RAM besar. Ada sejumlah pilihan memori internal dan RAM tersebut, yaitu 64GB 3GB RAM, 128GB 3GB RAM.

Kamera utama – Ada satu kamera utama di belakang dengan resolusi 12 MP. Dilengkapi dengan fitur Quad-LED dual-tone flash, HDR foto atau panorama. Kamera ini bisa juga merekam video 4K pada 24/30/60fps, 1080p pada 30/60/120/240fps, dengan fitur HDR dan stereo sound recording.

Kamera selfie – Di bagian depan terdapat kamera selfie dengan lensa 7 MP, dilengkapi fitur HDR. Kemudian, kamera depan ini juga bisa merekam video berkualitas 1080p pada 60 fps.

Sound – iPhone XR dilengkapi dengan loudspeaker dan stereo speakers, tanpa 3.5mm jack.

Konektivitas – Pada smartphone ini, sudah ada koneksi WLAN Wi-Fi, dual-band, hotspot. Ada juga Bluetooth 5.0. Lalu, ada GPS dengan A-GPS, GLONASS, GALILEO dan QZSS. Ada pula NFC tapi tidak terdapat fitur radio. Untuk kelengkapan koneksi, tersedia USB 2.0.

Fitur tambahan – Melengkapi semua fiturnya, iPhone XR memiliki sensor Face ID, accelerometergyro, proximity, kompas dan barometer. Tersedia juga fitur perintah dan dikte bahasa alami Siri.

Baterai – Untuk daya performanya, iPhone XR dilengkapi dengan baterai Li-Ion 2.942 mAh non-removable. Ada juga fitur fast charging 15W, USB Power Delivery 2.0 dan Qi wireless charging.

Pilihan Warna – Anda bisa memilih warna iPhone XR yang simpel dan elegan. Varian warnanya yaitu Black, Red, Yellow, Blue, Coral dan White.

Tes ketahanan – Berdasarkan tes performa, salah satu keunggulan iPhone XR adalah daya baterainya yang mampu bertahan hingga 78 jam.

Fitur Unggulan iPhone XR

iPhone XR memiliki sejumlah fitur yang sangat lengkap. Tidak hanya itu. Anda juga bisa menikmati kelebihan dari setiap fiturnya tersebut. Fitur eksklusif ini disediakan Apple khusus untuk Anda para pengguna setia. Berikut fitur unggulan yang dimiliki iPhone XR:

Kapasitas Memori Internal dan RAM Besar

Di dalamnya terdapat memori internal yang besar. RAM yang melengkapinya juga besar. Kapasitas memori internalnya ada dua pilihan, yaitu 64 GB dan 128 GB. Sementara, RAM di smartphone ini sebesar 3 GB. Dengan ruang penyimpanan yang besar ini, maka Anda bisa menyimpan file apa saja dengan mudah. Mulai dari dokumen, foto, musik hingga video. Semuanya bisa Anda simpan dan gunakan dengan leluasa di smartphone ini.

Layar Luas dengan Warna Jernih

iPhone XR hadir dengan layar Liquid Retina HD yang melegakan. Layar LCD multi-touch ini, memudahkan Anda untuk mengoperasikan semua aplikasi. Resolusi 1792 x 828 piksel juga membuat tampilan visualnya jernih. Sementara, layar warnanya luas dengan kecerahan maksimal 625 nit. Kemudian, ada lapisan oleophobic anti sidik jari. Ini membuat layar senantiasa terjaga kebersihannya. 

Selain itu, iPhone XR memiliki layar dengan sudut melengkung, mengikuti desain lekukan yang indah. Lalu, semua sudutnya tersebut berada di dalam bidang berbentuk persegi. Ini terlihat estetik.

Kamera dengan Smart HDR untuk Foto

Di bagian belakang, ada kamera dengan lensa wide 12 MP. Kamera ini memiliki fitur zoom digital sampai 5x. Kemudian, ada mode potret dengan bokeh yang disempurnakan, juga terdapat Depth Control. Dengan fitur Smart HDR untuk foto, Anda bisa menggunakan pencahayaan Potret dengan 2 efek, yaitu Alami, Studio dan Kontur. Selain itu, ada fitur Panorama hingga 63 MP. Kamera ini juga menerapkan penstabilan gambar otomatis, mode beruntun, serta penanda lokasi foto. 

Perekaman Video 4K HD yang Stabil

Anda bisa mengandalkan kamera iPhone XR untuk merekam video 4K pada kecepatan 24 / 30 / 60 fps. Kemudian, video HD 1080p bisa direkam pada kecepatan 30 / 60 fps. Sementara, video HD 720p bisa direkam pada kecepatan 30 fps. Fitur penstabilan gambar optik dan video sinematik 1080p dan 720p, memungkinkan Anda mendapatkan rekaman berkualitas tinggi. Ada juga fitur zoom digital sampai 3x. Lalu, ada pula dukungan video slow motion untuk 1080p pada kecepatan 120 / 240 fps. Anda bahkan bisa mengambil foto 8 MP sembari merekam video 4K.

Kamera TrueDepth

Di bagian depan, ada juga kamera TrueDepth untuk selfie. Kamera ini memiliki resolusi 7 MP. Juga dilengkapi dengan mode Potret dengan bokeh yang disempurnakan. Selain itu, terdapat fitur Depth Control. Anda bisa menyesuaikan pencahayaan Potret dengan 6 efek, yaitu Alami, Studio, Kontur, Panggung, Panggung Mono dan High-Key Mono. 

Masih ada lagi fiturnya yakni Animoji dan Memoji untuk menambah keseruan efek foto. Kamera depan ini juga dapat merekam video HD 1080p pada kecepatan 30 / 60 fps. Tak lupa ada fitur Smart HDR buat foto juga. Anda pun bisa memotret dan mengambil Live Photo dengan rentang warna yang luas. 

Stereo Audio dengan Jangkauan Lebar

Anda bisa menikmati sensasi audio yang terdengar nyata. Terutama, saat sedang menonton film, atau mendengarkan lagu, atau main game. iPhone XR mendukung berbagai format audio, termasuk AAC-LC, HE-AAC, HE-AAC v2, Protected AAC, MP3, Linear PCM, Apple Lossless, FLAC, Dolby Digital, Dolby Digital Plus dan Audible. Kemudian, pemutaran stereo pada smartphone ini memiliki jangkauan yang lebih lebar. Lalu, Anda juga bisa mengkonfigurasikan batas volume maksimum.

Mendukung Pemutaran Video Apa Saja

Lega banget kalau Anda bisa memutar berbagai format video di smartphone. Anda dapat menonton video HEVC, H.264, MPEG-4 Part 2 dan Motion JPEG. Kemudian, fitur videonya juga mendukung Dolby Vision, HDR10 serta HLG. Tak hanya itu. Ada juga fitur AirPlay hingga HDR 4K, yang berfungsi untuk pencerminan, foto dan juga video, ke Apple TV atau Smart TV dengan kemampuan AirPlay 2. Jadi, Anda juga bisa nonton video di smart TV, yang diputar di iPhone XR.

Daya dan Baterai yang Tangguh

Baterai iPhone XR hadir dengan kapasitas besar yang membuatnya tangguh. Smartphone ini memiliki fungsi waktu bicara hingga 25 jam, penggunaan internet hingga 15 jam, pemutaran video hingga 16 jam dan pemutaran audio hingga 65 jam. Bukan cuma itu saja. Anda juga dapat menikmati fitur fast charging untuk mengisi daya dengan cepat. Anda bisa mengisi daya sampai 50% dalam 30 menit, dengan menggunakan adaptor 20W atau yang lebih tinggi dari itu.

Akses Mudah untuk Penyandang Disabilitas

Semua orang bisa menggunakan iPhone XR dengan nyaman. Termasuk juga penyandang disabilitas. Terdapat fitur aksesibilitas yang memudahkan penyandang disabilitas dalam menggunakan iPhone baru ini. Fitur tersebut mendukung penglihatan, pendengaran, mobilitas serta pembelajaran. Anda pun bisa sangat menikmati smartphone yang sangat personal. Fitur tersebut di antaranya yaitu VoiceOver, Pembesar, Zoom, Dukungan RTT dan TTY, Kontrol Pengalihan, Dikte, Teks Tertulis, Assistive Touch, Ketuk Bagian Belakang dan Ucapkan Layar.

Aplikasi Bawaan Super Lengkap + App Gratis

Untuk kenyamanan Anda, Apple memahami apa yang Anda butuhkan. Di iPhone XR, sudah ada aplikasi bawaan yang lengkap dan eksklusif dari Apple. Ada aplikasi Kamera, Foto, Kesehatan, Pesan, Telepon, FaceTime, Kalender, Peta, Safari, Wallet, Musik, Mail, iTunes Store, App Store, Catatan, Kontak, Buku, Rumah, Kalkulator, Saham, TV, Jam, Pengingat, Cuaca, Memo Suara, Kompas, Podcasts, Watch, Kiat, Lacak, Terjemahkan, Pintasan, Pengukur, File dan Pengaturan. Semuanya memudahkan Anda melakukan penyesuaian agar pas dengan kebutuhan Anda.

Kenapa Pilih Apple iPhone XR?

Seperti yang kita tahu bahwa Apple selalu mengutamakan kualitasnya. Berikut alasan untuk memilih iPhone XR:

Kualitas brand yang terpercaya – Apple merupakan salah satu brand gadget terdepan. Brand asal Amerika Serikat ini menciptakan iPhone dengan material terbaik. Tentu saja juga membekalinya dengan teknologi yang terbaik. Apalagi, Apple merupakan salah satu pelopor smartphone. Tidak perlu meragukan kualitasnya.

Produk yang awet bisa untuk investasi – Produk iPhone yang memiliki kualitas bagus tentu lebih awet. Bukan cuma unggul dari segi desain, prosesor dan aplikasinya. Akan tetapi, iPhone juga menjadi salah satu smartphone yang sangat kuat, tangguh dan awet. Jadi, Anda bisa membelinya untuk investasi gadget juga.

Harganya terjangkau – Dengan kualitas mewah yang dimilikinya, Anda tetap bisa membeli Apple iPhone dengan harga terjangkau. Apalagi, jika Anda pergi ke toko online untuk membelinya. Di toko online, bukan hanya lengkap pilihannya. Namun, Anda juga bisa mendapatkan banyak diskon dan promo.

Dari ulasan tadi, kita jadi tahu lebih banyak tentang iPhone XR. Tidak hanya spesifikasi dan fitur unggulannya saja. Anda juga tahu mengapa iPhone layak menjadi smartphone pilihan Anda. Oleh karena itu, jangan ragu memilih iPhone XR. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.