Teknologi Biometric MotionBanking Mampu Deteksi KTP Palsu

Teknologi Biometric MotionBanking Mampu Deteksi KTP Palsu

Teknologi Biometric MotionBanking Mampu Deteksi KTP Palsu
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – MotionBanking, aplikasi perbankan digital dari PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) bagian dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP), resmi merilis fitur terbarunya, full biometric onboarding dengan Artificial Intelligence (AI). 

Fitur ini memungkinkan pengguna baru untuk membuka akun di MotionBanking hanya dengan selfi dan beberapa klarifkasi data, menghilangkan kebutuhan verifikasi panggilan video seperti yang dilakukan sebelumnya melalui agen KYC.

Kemampuan untuk semakin mengotomatisasi onboarding pengguna ini memungkinkan MotionBanking menargetkan jumlah akuisisi pengguna baru yang eksponensial, selangkah lebih dekat menuju transformasi digital memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kinerja. Dengan KYC biometrik, sistem dapat menangani pembukaan rekening dengan jumlah tdak terbatas.  

MotionBanking mengutamakan kenyamanan dan kemudahan, karena MNC Bank fokus untuk menjangkau populasi unbanked dan underbanked ke dalam ekosistem keuangan. Memberikan akses layanan keuangan di daerah terpencil yang akan memberi manfaat bagi perekonomian lokal, mempromosikan kesetaraan, dan pada akhirnya menciptakan konsumen setia baru. 

MNC Media, dengan basis pengguna besar dan empat stasiun televisi free- to-air, memainkan peran pentng dalam mengedukasi pemirsa tentang pentingnya dan manfaat inklusi keuangan. Dengan semangat itu, MotionBanking mempercepat adopsi teknologi baru sepert tangkapan biometrik ditambah dengan otomatsasi dan Artificial Intelligence untuk berkontribusi terhadap inovasi yang pesat di arena perbankan digital.

MNC Bank sebelumnya mengumumkan kerja sama dengan VeriJelas untuk full biometric onboarding pada 16 Juni 2021, dan MNC Bank kini telah menerapkan fitur ini dalam jangka waktu yang sangat singkat. 

Beberapa keungggulan MotionBanking yang diusung untuk memberi kenyamanan pengguna diantaranya:

Pendaftaran pengguna baru tanpa batas secara bersamaan 

Sebelumnya, proses verifikasi data pengguna bergantung pada video call yang memakan waktu 5 menit per akun. MotionBanking hanya dapat menjangkau ratusan akun per hari pada jam kerja oleh karena terbatasnya jumlah agen KYC. 

Sekarang, dengan adanya full biometric onboarding, sistem MotionBanking mampu meraup pengguna baru tanpa hambatan dengan jumlah tanpa batas setiap harinya.

Nyaman dan mudah digunakan dengan biometrik dan OCR 

OCR (Optical Character Recognition) mampu mengenali karakter mulai dari angka, huruf, dan tanda baca dari dokumen yang diterjemahkan menjadi versi digital yang dapat dibaca komputer. Proses penyalinan dokumen tanpa mengetik, ditambah teknologi biometrik yang terintegrasi dalam aplikasi MotionBanking, dapat meminimalkan pengisian data diri secara manual, meningkatkan efisiensi dan kenyamanan pengguna, menghasilkan proses yang lebih cepat

Platform yang aman dan terjamin 

MotionBanking selalu mengutamakan keamanan dan kerahasiaan data para pengguna. Dengan full biometric onboarding, sistem telah membangun kecerdasan dan metodologi untuk mendeteksi aktivitas penipuan, termasuk potensi penyalahgunaan data dan KTP palsu. 

Persetujuan instan, tanpa menunggu panggilan agen KYC 

Melalui platform e-KYC yang terkoneksi langsung dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), pembukaan akun MotionBanking dapat dilakukan tanpa tatap muka. Prosesnya menjadi jauh lebih cepat karena para pengguna tidak perlu menunggu antrean jadwal video call dengan agen KYC. 

Persetujuan otomatis kapan saja, di mana saja 

Dengan kenyamanan full biometric onboarding yang tersedia 24/7 bagi pengguna, dengan asumsi semua data valid, aplikasi MotionBanking otomatis menyetujui pembukaan akun baru. Dengan demikian pengguna dapat membuka akun MotionBanking kapan saja, di mana saja, tanpa harus memperhatikan penampilan mereka atau mengganggu aktivitas lain yang sedang dilakukan, yang sering menjadi penghalang untuk melakukan video call. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]